Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 24 March 2016

112 Peserta Ikuti Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi.


KM LENGGE,-Untuk menyiapkan tenaga kerja yang handal dan dapat mengisi lapangan kerja yang ada, pemerintah Kabupaten Bima   mengadakan pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi Selasa, di Aula Kantor Bupati Bima.


            Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer yang membuka pelatihan yang bersumber dari dana alokasi non fisik Kementerian Tenaga Kerja tahun 2016 ini mengatakan, "kegiatan ini pada dasarnya penting untuk dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkompeten, berlatih dan mandiri.
         Sehingga pada tahap akhir pelatihan, para peserta akan dapat diterima di dunia industri atau membuka lapangan usaha baru demi peningkatan kesejahteraan diri dan keluarganya". Kata Wabup.
                Menurut Wabup, "Pelatihan ini juga penting karena dalam menyongsong persaingan tenaga kerja di era pasar bebas, maka memerlukan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi memadai. Mereka inilah  yang dapat bersaing dalam mengisi lapangan kerja dan pada gilirannya menekan angka pengangguran di daerah ini".  
      Wabup Dahlan berharap kepada para peserta agar serius mengikuti pelatihan  sehingga dapat membekali diri dengan beragam pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. 
               Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima Drs. Ishaka melaporkan, "pelatihan kompetensi ini ditujukan agar para tenaga kerja dapat mempersiapkan diri secara profesional dan dapat membuka lapangan kerja pasca mengikuti pelatihan.
              Mengacu pada jadwal yang ada, kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama 30 hari kerja dengan 240 jam pelajaran. "Sejauh ini telah dilaksanakan tujuh angkatan kejuruan dengan 34 paket pelatihan. 
            "Paket tersebut antara lain operator komputer, teknisi komputer, teknisi HP, Las listrik, Otomotif, menjahit dan beberapa keterampilan lainnya. 
           Pada angkatan kedua ini tengah dilatih 112 orang tenaga kerja yang berasal dari berbagai latar belakang jurusan. 
              Ishaka menambahkan, "dari aspek dana , instansinya mendapat kucuran senilai Rp.2,26 miliar dari anggaran dana alokasi khusus non fisik bidang pelatihan Kementerian Ketenagakerjaan RI. 
               Pada kesempatan tersebut usai memberikan sambutan, Wakil Bupati menyematkan tanda peserta yang menandai dimulainya pelatihan berbasis kompetensi angkatan II ini yang secara simbolis kepada Aminah, peserta dari  Kecamatan Monta mewakili kejuruan mewakili menjahit, Mardawih Desa Laju Langgudu mewakili kejuruan Las listrik, Samsudin desa Pandai kecamatan Woha kejuruan sepeda motor. Mukjizah Desa Waworada Langgudu mewakili processing , sedangkan peserta lainnya yang secara simbolis dapatkan penyematan tanda peserta yaitu Mansur dari Sangis untuk jurusan operator komputer, Zukifli Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo untuk teknisi handphone dan Julkarnain Kecamatan Ambalawi untuk teknisi kejuruan komputer. 
            Selain menyematkan tanda peserta, pada kesempatan tersebut Wabup Dahlan juga menyerahkan sertifikat kepada para alumni pelatihan kejuruan angkatan I. HPBima (Efan)

0 comments:

Post a Comment