Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 8 March 2016

Peringati HUT Ke-97 DAMKAR Gelar Simulasi


KM  LENGGE,- Upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke – 97 tingkat Kabupaten Bima yang dilangsungkan di aula kantor Bupati Bima pada hari Senin (7/4) di halaman kantor Bupati Bima dirangkaikan Denham park sista bencana Dan simulasi pembangunan bencana kebakaran.


        
Pada upacara yang turut dihadiri   Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer, Ketua DPRD Kabupaten Bima Murni Suciyati, FKPD, para pejabat teras   Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Bupati Hj. Indah Dhamayanti Putri yang membacakan sambutan tertulis Menteri  Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan. "setiap Tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran yang dahulu dikenal dengan sebutan "Branweer".
         
Peringatan HUT Damkar ini untuk mengenang kisah perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran dalam melakukan perlawan terhadap kobaran api, baik di pemukiman penduduk, bangunan gedung publik, pabrik/industri, pasar, hutan dan lahan gambut".
         
Oleh karenanya Penanganan kebakaran bahan berbahaya dan beracun, pertolongan tidak hanya penyelamatan jiwa manusia tetapi juga habitat lainnya. 
         
Hal ini kita patutlah kita peringati hari pemadam kebakaran setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan para petugas pemadam kebakaran yang kita kenal sejak tahun 1919 telah memberikan  pelayanan pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya.
            
petugas DAMKAR ini memiliki Tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran dikenal dengan Panca Dharma yaitu (1) Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran, (2) Pemadaman Kebakaran, 3) Penyelamatan, (4) Pemberdayaan Masyarakat, (5) Penanganan Kebakaran Bahan Berbahaya dan Beracun.
          
Disamping tugas pokok tersebut petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam yang tidak mengenal hari libur dan siap memadamkan kebakaran dengan motto “ Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”. 
           
Kita melihat sosok petugas pemadam kebakaran bekerja dengan siap siaga hadir dalam penyelamatan jiwa, melakukan tugas dengan iklas tanpa pamrih ,tanpa mengharap pujian dan sanjungan, memberi pelayanan pemadaman kebakaran dan penyelamatan. 
        
"Memadamkan api besar dan penyelamatan tidaklah semua orang bisa melakukannya hanya petugas pemadam kebakaranlah yang mempunyai profesi dalam pemadaman kebakaran dan penyelamat api. Untuk itu dituntut seorang petugas pemadam kebakaran melakukan pendidikan dan pelatihan untuk memiliki profesionalitas". Kata Bupati Indah merilis Mendagri.
           
Mengakhiri sambutannya, Bupati  mengungkapkan  bahwa kebakaran merupakan  hal yang ditakuti yang dapat menghanguskan kebutuhan dasar masyarakat dan selalu ada ancaman dari kebakaran yang dapat mengganggu ketahanan ekonomi, kesehatan masyarakat dan kerusakan lingkungan. Untuk itu perlu posisi sudut pandang kita dalam penanggulangan kebakaran yang kita hadapi, serta arah kebijakan ke depan". Jelas Bupati.
            

Upacara kemudian dilanjutkan dengan  dengan simulasi penanganan bencana kebakaran yang dilakukan oleh anggota DAMKAR kabupaten Bima bersama Tim SAR, Palang Merah Indonesia, Orari, Tagana, TRC Bencana. HP Bima (Efan)

0 comments:

Post a Comment