Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sabtu, 05 Maret 2016

Siap PIN , Sebanyak 40.552 Balita Se-Kabupaten Bima


KM LENGGE,- Menjelang Puncak Pekan  Imunisasi Nasional (PIN) polio tahun 2016 yang akan berlangsung 8 Maret 2016 mendatang, Dinas Kesehatan Kabupaten Bima sebagai pelaksana kegiatan di tingkat kabupaten telah melakukan sejumlah kegiatan persiapan.
           
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima melalui  Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Raodah SST.Gz, M.Kes Kamis (3/3) mengatakan, "berkaitan dengan persiapan pelaksanaan  PIN ini,  Dikes telah melakukan koordinasi dengan 21 Puskesmas.  Batas waktu sosialisasi  sebelum tanggal 5 Maret 2016 di seluruh wilayah kecamatan".  Kata Raodah.
             
Sebanyak 40.552 balita siap diimunisasi, dan untuk kepentingan ini, telah disediakan 688 pos PIN yang tersebar pada 21 Puskesmas di 18 kecamatan. Dari sisi SDM,  "tenaga yang akan melaksanakan kegiatan tersebut terdiri dari 2.604 kader dan 137 Supervisor  dengan rata-rata 3 orang kader tiap Pos PIN". Jelasnya.
     
Saat ini telah dilakukan sosialisasi PIN Polio 2016 pada 16 kecamatan dan  masih ada dua Kecamatan yaitu Sanggar dan Tambora yang akan dilaksanakan 3 dan 4 Maret 2016. "Sosialisasi tersebut, bukan hanya menyangkut kegiatan PIN  tetapi juga dirangkaikan dengan sosialisasi penyakit lain seperti malaria pada seluruh Puskesmas. Dikes menyampaikan kebijakan nasional dan persiapan sehubungan dengan pelaksanaan dan dilanjutkan dengan pembuatan rencana tindak lanjut kegiatan. Sosialisasi ini menggunakan dana biaya operasional kesehatan (BOK) dan dana APBN melalui Dinas Kesehatan Provinsi NTB. 
            
Untuk meningkatkan akses informasi, disamping melalui sosialisasi dan pemasangan spanduk/baliho, Dikes juga telah menyebarkan 800 brosur sebagai media informasi penyampaian dan kegiatan PIN kepada seluruh masyarakat di 18 kecamatan.

Sejauh ini, beberapa persiapan yang telah dilakukan dengan membentuk Tim Bina wilayah yang bertugas melakukan pengecekan persiapan, baik logistik obat, maupun thermos es serta alat lainnya yang akan digunakan pada kegiatan tersebut.
           
"Berdasarkan hasil koordinasi dengan Camat  Puncak  PIN polio tingkat kabupaten Bima akan dipusatkan di Desa Rabakodo Kecamatan Woha.
            
Raodah menambahkan, beberapa rencana tidak lanjut (RTL) yang disepakati dengan Camat dan kepala Puskesmas yaitu: Camat akan membentuk Tim Koordinasi PIN Polio tingkat kecamatan.
           
RTL lainnya yaitu kegiatan di bawah koordinasi Camat dan akan terus melakukan pemantauan persiapan hingga H -2 dengan melakukan evaluasi dan rencana rencana pelaksanaan kegiatan. Tim juga memastikan keabsahan data balita yang akan mengikuti PIN berdasarkan nama dan alamat dalam buku registrasi balita. 
          

 Di tingkat kecamatan, juga perlu ditunjuk petugas input data serta memastikan semua balita yang akan diikutsertakan dalam PIN telah terdaftar". Tutupnya. HP Bima (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar