Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 27 April 2016

Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kemampuan Siswa


KM LENGGE,- Pembelajaran abad 21 menuntut kita untuk mengembangkan metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan secara aktif mengembangkan minat dan potensi yang dimilikinya.


Demikian sambutan Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer saat membuka Acara Intel Road Show Edukasi Jumat (22/4) yang diselenggarakan atas kerjasama Sentral Muslim Group, STKIP Taman Siswa  Intel Internasional Regional Indonesia dan Pemerintah kabupaten Bima di Aula Kantor Bupati Bima.

Dihadapan  365 peserta yang terdiri dari Kepala para Kepala UPT Dikpora, Kepala Sekolah, Operator SMP Negeri, Swasta dan Madrasah Tsanawiyah, SMA Negeri dan Swasta serta Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Bima Wabup Dahlan mengatakan “Siswa harus diarahkan untuk bisa berkolaborasi dengan orang lain. Begitu juga, sekolah termasuk di dalamnya para guru seyogyanya dapat bekerjasama dengan lembaga pendidikan dan tenaga pendidik lainnya di berbagai belahan dunia untuk saling berbagi informasi dan pengalaman tentang praktik dan metode pembelajaran yang telah dikembangkannya.

Wabup memaparkan, “Pembelajaran abad 21 juga mengembangkan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa terhubung dengan dunia nyata. Guru membantu siswa agar dapat menemukan nilai, makna dan keyakinan atas apa yang sedang dipelajarinya serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya”. Kata Dahlan.
              
Untuk inilah lanjut Dahlan, “Dalam upaya mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab, sekolah seyogyanya dapat memfasilitasi siswa untuk terlibat dalam lingkungan sosialnya. Misalnya, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, dimana siswa dapat belajar mengambil peran dan melakukan aktivitas tertentu dalam lingkungan sosial.
          
Pada kesempatan tersebut CEO Sentral Muslim Grup Hadi Susanto, ST, MM dalam pengantarnya mengatakan, “Roadshow yang menghadirkan Head of Education Intel Internasional Regional Indonesia Ganis Samudra ini  merupakan acara edukasi oleh Intel Internasional Regional Indonesia, sebuah perusahaan produsen Prosesor Terbesar dunia dan langsung yang pertama kali di NTB”. Jelas Hadi.

Kegiatan ini  merupakan wujud  kepedulian sosial,  terutama terkait peningkatan kualitas pemahaman dan update teknologi terbaru bagi Kepala sekolah dan operator karena sekolah merupakan kawah candradimuka, tempat para generasi harapan bangsa dan daerah ini ditempa untuk menjadi aset paling berharga di masa yang akan datang”.
         
“Roadshow ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih membuka cakrawala berfikir Abad 21. Sehingga memantik semangat kita untuk berlomba mengejar ketertinggalan dalam berbagai aspek kehidupan”. Alumni Teknik Elektro Unhas Makassar ini.
              
Sementara itu, Ketua STKIP Taman Siswa Bima DR. Ibnu Chaldun, M.Si dalam sambutannya mengatakan, “institusi yang dipimpinnya  selama delapan tahun berdiri telah menghadirkan kurang lebih 30 doktor dan guru besar . Upaya ini  ditujukan untuk mendorong semangat dan motivasi dalam peningkatan kapasitas baik mahasiswa maupun  dosen”.
         
Ibnu Chaldun mengatakan  bahwa STKIP Taman Siswa mengajak mananejen Sentra Muslim bermitra  disebabkan karena perhatiannya yang cukup besar pada peradaban. 

Ibnu mengatakan bahwa Intel berkunjung dari satu provinsi ke provinsi lain dengan tujuan untuk memberikan tukar pengalaman bagaimana profil pendidikan di abad ke-21 melalui transfer teknologi". Ungkapnya. 


Usai sambutan dilanjutkan dengan penyerahan Buku Pembelajaran Abad 21 dari Ganis Samudra kepada Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M Noer. (Efan)  

0 comments:

Post a Comment