Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 27 April 2016

Pramuka Gelar Kegiatan Peringati Hari Bumi


KM LENGGE,- Komunitas Pramuka Peduli memperingati Hari Bumi 22 April 2016 dengan mengadakan Pawai Obor Api Jaga Bumi di Kecamatan Parado. Api Obor jaga bumi dibawa 22 orang adik - adik Pramuka Komunitas Pramuka Peduli dari Desa Kuta, melewati Desa Parado Rato menuju Kantor Camat Parado, Jumat (22/04).


Sebelumnya, rangkaian Peringatan Hari Bumi, Komunitas pramuka peduli telah melakukan berbagai kegiatan, diantaranya  13 April 2016 melakukan kampanye Jaga Bumi saat jelajah alam Tambora, juga melakukan aksi penanaman Mangrove di desa jala dan puncak acara melakukan pawai obor api jaga bumi dan membersihlan sampah plastik.

Dipilihnya Kecamatan Parado sebagai lokasi peringatan hari bumi 2016, karena Kecamatan Parado masih memiliki wilayah hutan yang cukup luas.

"Jadi, kami ingin memiliki kesan kuat bahwa pesan dari peringatan Hari Bumi 2016 digaungkan dari Kecamatan Parado," Kata Arief Rachman Koordinator Komunitas Pramuka Peduli

Menurut Arief pesan yang ingin disampaikan pada peringatan hari bumi 2016 adalah melalui semangat api obor jaga bumi menggelora semangat melestarikan hutan, melindungi titik mata air dan tidak membuang sampah plastik sembarangan.

Sementara itu, obor api jaga bumi yang dibawa oleh 22 adik - adik komunitas pramuka peduli diserahkan oleh Kak Totok Martono Satga Komunitas Pramuka Peduli Kecamatan Parado kepada Kak Baharudin Camat Parado.

Baharuddin yang juga Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Kecamatan saat menerima obor api jaga bumi dihadapan adik - adik pramuka mengatakan, sampaikan kepada orang tua kalian agar tidak lagi membabat hutan, menjaga agar kawasan hutan dilindungi.

"Kalau hutan terus ditebang maka lama kelamaan beberapa titik mata air akan hilang. Dan, kalau titik mata air hilang maka kehidupan dimuka bumi akan punah, karena fungsi air tidak bisa tergantikan," jelas Camat.

Camat mengajak seluruh instansi di kecamatan untuk mendukung pelestarian kwasan hutan dan titik - titik mata air yang di prakarsai oleh Komunitas Pramuka Peduli pada peringatan Hari Bumi 2016.


Titik - tik mata air di Kecamatan Parado diantaranya Lanco ngaro, mada nangga, oi tede, Sonco Wune, La Besi, Doro Asi. (Arif Rahman/Efan)

0 comments:

Post a Comment