Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 28 June 2016

Kementerian Sosial RI Gelar Kemah Komunitas Adat Terpencil


LENGGE,- Menteri Sosial Republik Indonesia yang diwakili Direktur Komunitas Adat Terpencil (KAT) DR. Hasbullah, M.Si Senin Malam (23/5) membuka Kegiatan Kemah  Nasional  Komunitas Adat Terpencil bertempat di Aula Hotel Mutmainnah Kota Bima.



Kemah Nasional KAT yang dihadiri para delegasi dari 21 provinsi Se-Indonesia, Duta Komunitas Adat Terpencil yang juga sebagai anggota DPR RI Krisna Mukti, para pejabat struktural Kementerian Sosial RI, Provinsi NTB, dan para pejabat teras lingkup pemerintah Kabupaten Bima.

Setelah pembukaan, keesokan harinya, para peserta akan menuju So Kabela Desa Buncu untuk melakukan sejumlah rangkaian acara hingga penutupan tanggal 27 Mei 2016.  Hasbullah dalam sambutannya mengatakan, "betapa warga masyarakat yang berada di daerah terpencil dandalam kehidupan sosial dan ekonomi lebih banyak mengalami kesulitan, bila dibandingkan kehidupan masyarakat sekitarnya. 

"Pemberdayaan KAT ini didasari atas kesamaan hak segenap warga masyarakat untuk mendapat kehidupan dan penghidupan yang lebih baik. Setidaknya terpenuhi kebutuhan dasar sosial dan kebutuhan dasar ekonominya".  Karena itu, Kementerian Sosial melalui Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil tiap tahunnya terus menjabarkan berbagai program pemberdayaan KAT.

Dijabarkan pula bahwa terkait dengan kegiatan pembukaan kemah Nasional  Komunitas Adat Terpencil tentu bukanlah sekedar pertemuan semata akan tetapi dapat dijadikan sebagai sarana untuk tukar menukar informasi, pengalaman sesama peserta guna dijadikan sebagai bahan motivasi dan dukungan pelaksanaan pemberdayaan KAT". Terang Hasbullah.

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri  dalam sambutannya menyampaikan  "So Kabela merupakan salah satu lokasi pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil, yang pada saat ini telah memasuki tahun terakhir pemberdayaan. Kemah Nasional  ini merupakan salah satu upaya Kementerian Sosial, agar warga menerima dan memanfaatkan bantuan dengan sebaik dan seoptimal mungkin.


Bupati berharap kepada seluruh peserta  agar dapat dengan sungguh – sungguh mengikuti kegiatan ini, sehingga apa yang menjadi tujuan dari kegiatan kemah Nasional  ini dapat tercapai dan seluruh peserta dapat merasakan manfaatnya. Kata Bupati Indah.    Acara pembukaan kemah KAT kemudian dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari kementerian Sosial RI kepada Bupati Bima dan sebaliknya. HP Bima (Efan)

0 comments:

Post a Comment