Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Selasa, 28 Juni 2016

Sari-Sape Sebagai Proyek Percontohan BUMDes

       
KM LENGGE,-  Bappenas telah menetapkan desa Sari sebagai lokasi pilot proyek karena desa ini memiliki sejumlah keunggulan baik karena karakter masyarakat yang masih memegang tinggi budaya Gotong Royong , komitmen dan juga kemampuan dari aparat pengelola BUMDes itu sendiri.



Pemilihan Desa Sari sebagai lokasi nasional percontohan Pengelolaan Badan Usaha milik Desa (BUMDes) air minum mendapatkan apresiasi khusus dari pimpinan daerah. Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri yang di wawancara oleh Tim MNC TV terkait dipilihnya Desa Sari sebagai lokasi aplikasi praktek cerdas BUMDes pengelolaan air bersih saat berlangsungnya pembukaan Lokalatih Replikasi Praktek Cerdas Pengelolaan Air Bersih  Rabu (11/5)  di Lobby hotel Mutmainah Kota Bima mengatakan, "kami senang dan bangga dengan kepercayaan yang berikan kepada Kabupaten Bima. Dengan demikian, Desa Sari menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Bima dalam inovasi pengelolaan potensi di desa".  Ungkap Bupati Indah.

Saat wartawan MNCTV menanyakan komitmen dalam replikasi atau pengembangan praktek cerdas tersebut , Bupati Bima mengatakan, "karena apa yangdireplikasi di Desa Sari ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat,dan juga menjadi prioritas pembangunan daerahmaka sesuai dengan kemampuan yang ada, pemerintah Kabupaten Bima berkomitmen untuk mendukung dan terus memfasilitasi program tersebut sehingga berhasil dengan baik". Katanya.

Setiap sebagaimana diketahui,  Desa Sari Kecamatan Sape terpilih sebagai lokasi replikasi atau pengembangan inovasi praktek cerdas pengelolaan Badan Usaha milik Desa (BUMDes) Air Minum. Pemilihan ini berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh Bappenas.    Untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan serta kompetensi para pengelola BUMDes, para peserta mengikuti  Lokalatih Replikasi Praktek Cerdas Pengelolaan Air Bersih  Selama tiga hari yaitu Rabu-Jumat (11-13 Mei)  di aula hotel Mutmainah Kota Bima.

Sejumlah Tim baik dari Bappenas, AusAid, United Cities Local Government Asia Pasific (UCLG Aspac),  BAKTI, Tim dari praktik cerdas pengelolaan air minum Lendang Nangka Lombok Timur (BUMDes LENTERA) juga hadir pada Lokalatih tersebut.

Pada kesempatan terpisah,  Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer dalam sambutannya dihadapan peserta Lokakarya mengatakan bahwa berkaitan dengan pengembangan kerjasama untuk percepatan pembangunan maka pemerintah daerah harus koperatif serta handal.  Hal ini selaras dengan visi dan misi pembangunan daerah bahwa pemerintah harus Handal dalam memberikan. HP Bima (Efan)


0 komentar:

Posting Komentar