Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Selasa, 28 Juni 2016

Silaturahmi Legislatif dan Eksekutif, Membangun Sinergi


KM LENGGE,- Silaturahmi antara Unsur Pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Bima dengan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri yang didampingi Sekretaris Daerah Drs. H.M Taufik, HAK, M.Si, Para Asisten  dan pejabat terkait, berlangsung Rabu (22/6) di ruang Sidang Utama DPRD setempat.



Acara yang dikemas dalam format rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bima Hj. Murni Suciyanti didampingi 3 orang Wakil Ketua tersebut berlangsung cukup dinamis. 

Pada pertemuan yang berlangsung sore hari tersebut, Bupati Bima mendengarkan dengan seksama masukan dari beberapa politisi. Saifullah (PKS) mendorong pemerintah agar menjadi yang terdepan dalam membangun masyarakat. "Pemerintah diarahkan bekerja secara normatif, perlu menyeleksi bagaimana daerah ini dipimpin dan perlu ada sinergi, bagaimana saling mengisi dan memberikan input diantara kedua lembaga pemerintahan. 

Sementara Sulaiman MT (Partai Gerinda) mengatakan, "berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades serentak, Sulaiman menyatakan ada beberapa permasalahan yang harus dihadapi dan berharap eksekutif mencarikan solusi agar stabilitas keamanan tetap terjaga. Sementara Duta Partai Persatuan Pembangunan Ishaka mendorong agar Bupati mencermati dengan seksama kegiatan SKPD dan melakukan pengecekan pelaksanaan tugas SKPD di lapangan. 

Demikian halnya A. Nasir S.Sos (PAN)  selaku Ketua Komisi IV yang membidangi sektor kesehatan menyatakan, "setelah melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Sondosia berharap agar pemerintah daerah melihat langsung kondisi terakhir RS tersebut dan alat kesehatan dapat segera di manfaatkan" . Disamping itu juga dirinya berharap agar pemerintah daerah segera mengajukan Raperda struktur kelembagaan  agar unit kerja tersebut dapat beroperasi secara maksimal.

Yasin S.Pdi (Gerinda)  menyampaikan apresiasi atas keberhasilan jajaran pemerintah daerah dalam meraih predikat WTP dalam pengelolaan keuangan daerah. Namun demikian ujian bagi pemerintah daerah adalah bagaimana melaksanakan pemerintah secara jujur dan transparan. Disamping itu daya serap anggaran juga perlu diperhatikan oleh pemerintah". 

Setelah menyimak dengan seksama masukan dan pandangan beberapa anggota DPRD tersebut.  Bupati Bima menyatakan, "pertemuan dengan Pimpinan dan segenap anggota DPRD ditujukan untuk lebih mempererat silaturahmi dan mencoba membahas secara bersama persoalan yang akhir-akhir ini mengemuka. 

Upaya ini lanjut Bupati Indah, penting dilakukan agar tidak ada kesan salah paham dan silang pendapat . Karena dirinya meyakini bahwa semua persoalan dapat diselesaikan dengan baik bila ada niat baik dan komunikasi yang terrjalin dengan cukup baik untuk menyelesaikan masalah. 

Bupati selanjutnya menyampaikan ucapan terima kasih atas masukan legislatif dan eksekutif ingin mendengarkan langsung dan membrikan jwban agar tidak ada ganjalan dan suasana kembali dapat mencair sehingga pemerintah bersama sama dengan DPRD memberikan peranan terbaik kepada masyarakat. 

Menanggapi masukan dari beberapa anggota DPRD , Bupati menyatakan, "masukan dari para anggota legislatif menunjukkan adanya kepedulian dari lembaga DPRD. Tantangan pemerintah ke depan adalah memperbaiki kinerja pemerintahan. 

"Pada prinsipnya, Pemeritah daerah tidak ingin masyarakat melihat ada miskomunikasi di antara kedua lembaga, oleh karena itu diharapkan ada komunikasi yang lebih intensif dengan legislatif. "Ke depan disamping silaturahmi dengan segenap anggota dan pimpinan DPRD. Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan serta mempertahankan WTP merupakan tanggung jawab bersama". Tutup Indah.


Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama yang langsung di halaman kantor DPRD setempat. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar