Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 10 August 2016

Malam Takbiran Masyarakat Wawo Pawai Obor


KM LENGGE,- Menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriayah, ratusan masyarakat yang ada di empat desa, yaitu desa Maria, Kambilo, Kombo dan Desa Raba yang ada di kecamatan Wawo menggelar pawai obor keliling di desanya masing-masing.



Pelaksanaan kegiatan pawai obor di desa Maria di laksanakan oleh Himpunan Pemuda Desa Maria (HPDM) yang dipimpin langsung oleh ketua HPDM, Muclis Aziz dan anggota pemuda laiinya. Kegiatan ini juga dikawal oleh Babinkantibmas Desa Maria, Bripda Ramadhan, SH.

Pawai obor keliling di desa Maria diikuti pelajar, mahasiswa, pemuda dengan melewati rute Jalan Negara dari balai desa Maria, menuju jalan kea rah barat, belok dicabang pemandian Oi Wobo, memasuki perkampungan dan dusun Panggalasa, Maria dan menuju Dusun Foomboto.
Muchlis Aziz, ketua HPDM saat di wawancarai mengaku kegiatan ini rutin diselenggarakan menjadi kegiatan dan program rutin HPDM. Pawai obor keliling merupakan budaya yang ada sejak nenek moyang. “Setiap menyambut Idul Fitri tradisi orang tua-tua kita dulu hanya pawai obor keliling memutari dan mengeleilingi kampung dengan tetap mengumandangkan takbir’, Ujar Lee.

Di desa Kambilo, Pawaipun diselenggarakan oleh pemerintah desa Kambilo bersama dengan elemen pemuda. Ratusan anak-anak remaja dan orang tua ikut memeriahkan pawai obor mengelilingi perkampungan.

Anusias masyarakat di desa Kombo tidak kalah dengan di desa lain. Ratusan masyarakatnya dari anak-anak hingga orang tua bertumpah rua memadati jalan dan gang-gang mengelilingi pemukiman dan perkampungan desa Kombo dengan melafadkan takbir, tahmid dan tahlil.

Berbeda dengan pawai obor keliling di desa Raba, pemerintah desa Raba melombakan Penyelengaaraan Pawai Obor keliling. Pawai keliling ini menyita perhatian pengguna jalan lintas Wawo Sape. Peserta pawai obor keliling dalam rangka menyambut Idul Fitri 1437 Hijriyah di ikuti oleh ratusan masyarakat.

Panitia penyelenggara, Ardi mengaku bahwa, Pawai obor keliling di desa Raba terdiri dari 16 RT , sedangkan jumlah Peserta terdiri dari 15 sampai 20 orang baik anak-anak, remaja maupun orang tua.

Peserta Pawai di lepas oleh kepala Desa Raba dengan rute di depan balai desa Raba, memasuki gang di samping masjid dan mengelilingi perkampunga dan berakhir di depan masjid Raba.


Penyelenggaraan pawai obor keliling di kecamatan Wawo dijaga dan dikawal oleh anggota Polsek Wawo dan Anggora Koramil Wawo. Penyelenggaraan kegiaran ini berjalan lancer dan aman. (Efan)

0 comments:

Post a Comment