Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Jumat, 12 Agustus 2016

Rangkaian Kegiatannya Peringatan Hut Bima 2016


KM LENGGE,- Berbeda dengan tahun lalu, peringatan Hari Jadi Bima yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2016 bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan tahun 1437 Hijriah, sehingga acara puncak peringatan kegiatan diundur tanggal 21 Juli 2016.

        
Berkaitan dengan penyelenggaraan Hari Jadi Bima tahun ini, sejumlah acara telah diagendakan oleh Panitia pelaksana tingkat Kabupaten Bima yaitu Pawai budaya dengan tema "Menuju Kabupaten Bima RAMAH Berbudaya", Rabu (20/7) mulai jam 12.15 WITA dengan titik start dimulai dari ruas jalan Pertigaan Pasar Tente dan Finish di pertigaan Cabang Talabiu. 
           
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kecamatan, paguyuban Etnis Nusantara, SKPD,  Instansi vertikal serta mitra kerja pemerintah daerah dan tiap barisan akan menampilkan atraksi budaya Bima.
      
Peserta dari 18 kecamatan dan SKPD lingkup Pemkab Bima akan berpawai dengan komposisi yang terdiri dari kelompok atraksi seni budaya seperti hadrah dan jenis kesenian lainnya akan mengiringi pasangan pengantin berpakaian adat Bima "siga" yang disusul para pejabat eselon berpakaian "Siki Lanta" dan Topi Pangge Ta'a, sedangkan staf laki-laki berpakaian putih/hitam dan "katente tembe"dan "rimpu" bagi staf perempuan.
       
Para peserta pawai budaya akan diterima Bupati, Ketua DPRD beserta rombongan pada panggung kehormatan di Pertigaan jalan Raya Tante-Talabiu.
        
Keesokan harinya Kamis (21/7) diselenggarakan Upacara Peringatan Hari Jadi Bima Ke-376 Jam 07.30 WITA di Halaman Persiapan kantor Bupati Bima di Dusun Godo desa Dadibou Kecamatan Woha dengan pakaian adat yang sama.
            
Selanjutnya Kamis, (21/7)  jam 07.30 WITA akan dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Bima pada di Lapangan Persiapan Kantor Bupati Bima Dusun godo. Bupati dan Wakil Bupati Bima, ketua dan para anggota DPRD Kabupaten Bima, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), para pejabat Stuktural dan fungsional, mantan kepala daerah, dan tokoh/sesepuh masyarakat Bima di luar daerah, instansi vertikal serta tokoh masyarakat se Kabupaten Bima juga diundang.
         
Setelah upacara akan dilanjutkan dengan Ziarah ke makam Raja-raja Bima di Kompleks Pemakaman Masjid Sultan Muhammad Salahuddin dan Kompleks Pemakaman Dana Taraha.
      
Masih pada hari yang sama, Peringatan Hari Jadi Bima tahun ini diisi dengan  Sarasehan Nasional yang mengundang 150 peserta dengan tema, "Menuju Kabupaten BIMA yang “RAMAH” Dengan Kearifan Budaya Lokal" tanggal 21 Juli 2016 jam 12.30 WITA di Aula Hotel Mutmainah Kota Bima.  Peserta terdiri dari berbagai unsur pemerintah pusat, provinsi, daerah, masyarakat sipil dan pengusaha.
        
Sesuai catatan panitia,  pembicara yang diundang pada Sarasehan ini sebanyak  3 orang yaitu Prof. Dr Ahmad Thib Raya, MA, Prof. Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH dan Dr. Kadri, M.S dan akan dipandu oleh Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si (akademisi).
      

Seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup dengan Tasyakuran Kamis malam (21/7) jam 19.30 WITA. Tasyakuran diawali dengan duet haflah Al-Quran dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Bima. Kemudian dilanjutkan dengan Penampilan Gambus As-Syabab Surabaya. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar