Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 10 August 2016

SMAN 1 Sape Juara I Lomba PIK R


KM LENGGE,-  Awalnya,  Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) SMA Negeri 1 Sape yang menitik beratkan pada aspek Sarana Edukasi Remaja Handal, Berkarakter dan Asertif  ditujukan untuk dapat membawa siswa-siswi sekolah ini membentuk pribadi remaja yang handal, berkarakter, asertif dan berakhlak mulia. 



Ketua Kelompok PIK Remaja SMAN 1 Sape Alya Dewi Juniarti      memaparkan, "kegiatan rutin melalui  bimbingan para Pendidik Sebaya (PS) dan Konselor Sebaya (KS), PIK secara bertahap membawa perubahan  signifikan terhadap perkembangan remaja siswa siswi. SMA Negeri I Sape  melalui kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) berhasil mencatat sejumlah prestasi membanggakan". Terangnya.

Salah satu inovasi yang mendapatkan tempat tersendiri di hati para Siswa adalah program Generasi yang Berencana (Gen Re) sebagai  wadah dan sarana membimbing dan membina remaja yang tepat.  Sebagai sebuah kelompok yang berada di wilayah kecamatan, tantangan PIK Remaja SMAN 1 Sape  adalah mengubah cara berpikir dan respon antara remaja di dalam sekolah dan di luar sekolah. Hal inilah yang memerlukan usaha maksimal agar informasi konseling remaja dapat diterima secara merata oleh semua pihak"'. Tambah Alya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Sape Drs.Muhammad Saleh, MM Jumat (1/7) menjelaskan, "Pada Tahun 2015, PIK Remaja SMA Negeri I Sape  mengikuti lomba tingkat Kabupaten Bima dan berhasil menyabet Juara I pada lomba tingkat provinsi NTB.

Keberhasilan ini menjadikan SMAN 1 Sape sebagai duta Kabupaten Bima pada ajang yang sama di tingkat provinsi NTB. Namun pada lomba di tingkat Propinsi NTB, SMAN 1 Sape berhasil meraih Juara I". Urai Muhammad.

Selanjutnya, kata Kepala Sekolah, "Tahun 2016,  SMAN 1 Sape kembali mendapatkan kesempatan untuk menebus kegagalan perjuangan tahun lalu dengan latihan yang lebih intens untuk mewujudkan obsesi meraih  juara. Hasilnya, pada lomba yang dihelat Bulan Mei 2016 lalu, SMAN 1 Sape kembali meraih juara I Lomba PIK R tingkat Kabupaten Bima.

Tugas mempersiapkan dan mengantarkan anak dan remaja kita ke jenjang kehidupan yang siap menghadapi segala tantangan untuk menjadi generasi yang siap pakai menjadi motivasi tersendiri. 

Dukungan Kepala Sekolah Drs.Muhammad Saleh, MM dan  para guru Pembina  selanjutnya mengantar kelompok PIK Remaja yang sudah terbentuk sejak Tahun 2012 terus dengan beragam kegiatan berupa penyuluhan berkaitan dengan kegiatan ekstra sekolah seperti PIK, PMR, Pramuka, OSIS menjadikan duta Kabupaten Bima ini menyabet juara I pada lomba yang sama di Tingkat Propinsi NTB pada Bulan Mei 2016.

" Keberhasilan meraih juara I Lomba PIK Remaja tingkat Provinsi NTB ini akan menjadi momen bersejarah dengan menghadiri penerimaan penghargaan pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi NTB pada Bulan Agustus mendatang". Imbuh Muhammad.


Seiring berjalannya waktu, peningkatan dan pengembangan PIK Remaja SMAN 1 Sape untuk lebih memasyarakatkan PIK Remaja melalui beragam pelatihan berkaitan dengan pengelolaan, advokasi dan lain sebagainya diharapkan akan menjadi jalan agar program PIK Remaja SMAN 1 Sape akan semakin dinamis dan memantapkan langkah mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas, generasi yang makin sehat, makin gaya". (Efan)

0 comments:

Post a Comment