Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 30 September 2016

Kecamatan Wawo Juara Lomba Kareku Kandei Antar Kecamatan

KM LENGGE,- Kecamatan Wawo kembali mencatatkan dirinya sebagai Tim terbaik setelah berhasil menyaksikan 11 kecamatan lainnya pada lomba Kareku Kandei  dan Rawa Mbojo yang diselenggarakan atas kerjasama Majelis Adat Sara Dana Mbojo dengan Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima.

            Lomba ini berlangsung selama dua hari tanggal 15 sampai dengan 16 September 2016 dalam rangka Penobatan Jenateke (Putera Mahkota) Kesultanan Bima XVII yang berlangsung di Asi Mbojo. 
               Dewan juri yang dipimpin Abdul karim Azis dan 4 orang juri lainnya Drs. Aris Gunawan,  M.Si, H.Anwar, S.Pd, Chairudin, ST, MT dan Khusnul Khatimah, M.Hum, menetapkan Kecamatan Wawo pada Juara I dengan nilai 1.162 disusul Kecamatan Parado pada posisi II dengan nilai 1.080 serta Tim Kecamatan Woha pada Juara III dengan nilai 1.026.
              Sementara pada Juara  Harapan I Kecamatan Soromandi berhasil meraih posisi ini dengan catatan nilai 1.016 disusul Kecamatan Sape pada posisi harapan II dengan nilai 1.014 dan Tim Kecamatan Bolo pada Juara Harapan III dengan catatan nilai 974.
             Sedangkan pada kelompok Lomba Rawa Mbojo (lagu Bima), grup Kecamatan Belo memperoleh juara I dengan nilai 2.132, disusul Kecamatan Woha pada posisi II dengan nilai 1.410 serta Tim Kecamatan Madapangga meraih juara III dengan nilai 1.350.
           Pada posisi juara harapan I, Kecamatan Ambalawi meraih pulangnya menempati posisi ini dengan nilai 1336 dan Kecamatan Palibelo meraih posisi Juara Harapan II   dengan nilai 1254 serta Kecamatan Wawo meraih juara harapan III dengan nilai 1210.
           Sebelumnya, saat acara pembukaan Kamis (15/9) Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri mengatakan, Lomba  Kareku Kandei dan Rawa Mbojo  ditujukan untuk ikut melestarikan budaya. Selaku Kepala Daerah menyambut baik gagasan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang bekerja sama dengan Adat Sara Dana Mbojo dalam melestarikan budaya Bima terutama kareku kandei dan rawa mbojo.
            Menutup arahannya Bupati berharap ke depan lomba yang bernuansa seni dan budaya ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan agar generasi muda dapat menikmati dan juga melestarikan khasanah budaya kareku kandei dan rawa mbojo ini. HP Bima (Efan)

0 comments:

Post a Comment