Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Rabu, 07 Desember 2016

LPMD dan Karang Taruna Ujung Tombak Pemberdayaan


KM LENGGE,- Setelah melewati rangkian musyawarah desa dan proses pemilihan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan Karang Taruna (KT) Pemerintah Desa Maria Utara dan Maria melantik pengurus LPMD dan Karang Taruna di aula kantor desa setempat.



Kepala Desa Maria Utara Syamsuddin, dalam sambutanya mengatakan bahwa peremajaan perangkat desa seperti RT dan RW telah dilaksanakan. Begitupula lembaga desa seperti LPMD dan Karang Taruna. "Pembiayaan dari proses pemilihan hingga pelantikan di bebabkan pada APBDes dan termasuk dana ATK untuk LPMD dan Karang Taruna telah di anggarkan dalam APBDes," ujar Syamsuddin.

Senada dengan kepala Desa Maria Nurdin HM. Saleh, pelaksanaan musyawarah dan pemilihan Ketua RT, RW, LPMD dan karang taruna telah selesai dilaksanakan oleh pemerintah desa. "LPMD dan Karang Taruna diharapkan dapat bekerjasama dengan pemerintah desa ikut membantu terlaksananya pembangunan desa termasuk bersama dengan masyarakat,"pungkas Nurdin.

Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Wawo Ridwan, S.Sos yang mewakili pemerintah kecamatan Wawo berharap LPMD dan Karang Taruna menjadi mitra pemerintah desa dalam membangun, membina dan memberdayakan madyarakat. Apabila ada permasalahan dapat dikoordinasikan dan diselesaikan secara internal dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa.

"Pemerintah desa bersama dengan LPMD, karang taruna, seluruh elemen desa dan masyarakat lainnya harus mampu berkoordinasi dan bekerjasama membangun desa. Karang Taruna sebagai organisasi pemuda terus mengawal pemerintah desa apalagi dengan adanya APDes ini," papar Ridwan. LPMD dan Karang Taruna juga diharapkan menjadi ujung tombak pemberdayaan masyarakat pada umumnya dan pemuda khususnya dalam mengawal dan ikut membangun desa ke depan sehingga menjadi desa yang mandiri dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Desa Maria Ketua LPMD terpilih saudara Anas, ketua karang taruna Muchlis Azis. Desa Maria Utara Ketua LPMD Alimuddin H. Arsyad dan ketua karang Taruna Edy insan. Masa kepengurusan LPMD selama 5 tahun dan karang taruna 3 tahun. ( Efan)


0 komentar:

Posting Komentar