Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 7 December 2016

Pendirian Perpustakaan Keliling Salahuddin AL – Ayyubi Melopor Inspirasi


KM LENGGE,- Pada zaman global sekarang, pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan.Untuk memperoleh pendidikan, banyak cara yang dapat kita capai. Diantaranya melalui perpustakaan.



Pendirian perpustakaan keliling di desa Buncu kecamatan Sape, patut kita apresiasi, karena banyak perkampungan dan desa-desa yang belum mempunyai perpustakaan. Dengan perpustakaan keliling ini masyarakat dimanapun dapat memanfaatkannya.


Pemerintah Kabupaten Bima mengatensi khusus pendirian perpustakaan keliling ini. Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri  didampingi  Wakil Bupati Bima  Dahlan M.Noer Senin (5/12) meresmikan perpustakaan keliling rumah baca Salahuddin Al – Ayyub  di desa Buncu kecamatan Sape. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Perpustakaam dan Arsip Daerah Kabupaten Bima Dra. Hj. Ratnah Rauf, Pelaksana Tugas (plt) Camat Sape H.Makruf, SE Muspika dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri   menyampaikan apresiasi kepada atas kiprah Salahudin yang telah menggagas pendirian Perpustakaan Keliling Rumah Baca Al – Ayyubi sebagai salah satu upaya penting mencerdaskan generasi muda di lingkungannya.


“Dari pemikiran dan Ide yang cemerlang ditunjukkan Salahudin melalui pendirian rumah baca Al – Ayyubi ini, diharapkan patut menjadi contoh bagi anak-anak lainnya, sebab melalui wahana ini, generasi muda mendapakan kesempatan yang seluas-luasnya mendapatkan ilmu dengan membaca pada perpustakaan keliling. Kehadiran Perpustakaan Keliling ini tentu saja  sangat penting dalam menumbuh kembangkan  minat baca siswa dan generasi muda agar mencintai buku dan mencintai ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masa depannya”. Ujar Indah.

Ketua Panitia Rumah Baca Al – Ayyubi Salahuddin dalam laporan memaparkan, “perpustakaan keliling rumah baca Al – Ayyubi  dihajatkan untuk menumbuhkan minat baca kepada para siswa  agar  dapat mengisi kegiatan dengan hal positif selain menimba ilmu dari sekolah. Dirinya menyampaikan terima kasih atas dukungan bupati dan Wakil Bupati Bima bagi keberlanjutan rumah baca yang dirintisnya.


Salahuddin, menambahkan pada saat ini layanan rumah baca yang dipimpinnya memiliki 1.721 koleksi buku dan mengadakan perpustakaan keliling mencakup 5 yaitu desa Bugis, Kowo, Buncu, Lamere dan desa Poja. Kegiatan ini juga didukung Gerakan Bima Mengajar (GBM). 


Bupati Bima menyerahkan koleksi buku bacaan, LCD dan sejumlah uang tunai kepada Rumah Baca Al – Ayyubi desa buncu  dan diterima oleh Ketua Pengurus Al – Ayyubi Salahuddin. (Efan).

0 comments:

Post a Comment