Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 30 April 2017

APBDes Harus Segera Di Rampungkan


KM LENGGE,- Sejumlah desa di kecamatan Wawo, saat ini sedang merampungkan pembahasan Rancangan Aanggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) Tahun anggaran 2017 untuk salahsatu syarat pencairan Dana Desa . Tahapan Selanjutnya pemerintah desa akan mengajukan RAPBDes TA.2017 ke pemerintah kecamatan untuk dievaluasi bersama dengan Camat, Kepala Desa dan BPD.


Camat Wawo, Ridwan, S. Sos mengatakan bahwa sampai dengan awal bulam Mei tahun 2017 hanya dua desa yang sudah menyerahkan dokumen RAPBDes. TA. 2017 dan telah di evaluasi di tingkat kecamatan. “ Dua desa ini menjadi prioritas dan kita desak untuk segera merampungkan APBDes karena terdapat SILPA, sehingga harus segera mencairkan Dana Desa untuk menyelesaikan program yang sempat tertunda pada APBDes TA.2016 yang lalu,” katanya.

Lebih lanjut Ridwan mengungkapkan bahwa, 9 desa yang ada di kecamatan Wawo sejak awal tahapan perencaan dan musyawarah desa (Musdes), penyusunan RPJMDes,  penyusunan RKP, sudah sering diingatkan baik melalui surat maupun pembinaan dengan mengunjungi kantor desa agar segera menyusun RAPBDes dengan segera. “Secara teknis sudah sering diingtakan oleh pemerintah baik lewat pendamping desa maupun pemerintah kecamatan maupun kabupaten untuk secepatnya menyelesaikan seluruh syarat administrasi maupun Rancangan APBDes agar tidak ada kendala dikemudian hari,”punkasnya.


Pemerintah desa jangan berdiam diri, kalau ada kendala dengan penyusunan APBDes segera berkonsultasi dengan pendamping desa maupun pihak terkait agar segala perencaan lewat APBDes dapat diselesaikan sebelum Desember akhir tahun. (Efan) 

0 comments:

Post a Comment