Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Minggu, 30 April 2017

Rakerda DPD PPNI Di Helat Di Lengge Nae Wawo


KM LENGGE,- Pengurus Daerah Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bima, melaksanakan rapat kerja dan Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Tahun 2017, di Lengge Nae Kecamatan Wawo.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar H.Muhammad Lutfi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima beserta jajaran; Kepala Badan, Dinas, Kantor dan Bagian Lingkup Pemkab Bima; Camat Wawo; Ketua DPW PPNI Provinsi NTB; Ketua DPD PPNI Kabupaten Bima.

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah DPD PPNI Kabupaten Bima yang dirangkaikan dengan Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Tahun 2017.

Dalam sambutanya Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri mengatakan, kegaitan ini sebagai upaya pengembangan keperawatan sebagai suatu profesi , Persatuaan Perawat Nasional Indonesia berperan sebagai pengawal pengembangan keperawatan  dan memastikan bahwa hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan atau asuhan keperawatan yang bermutu  sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan.

Maka dari itu keterlibatan PPNI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sangat dibutuhkan, hal ini merupakan implementasi kebijakan kesehatan dalam meninjau, menyusun dan mengimplementasikan rencana strategi nasional dan model pendidikan, regulasi dan praktik keperawatan serta memastikan bahwa tiap perawat memiliki kompetensi dan pengetahuan yang memungkinkan mereka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dilayani.



Pemerintah Pemerintah daerah mendukung upaya perbaikan kondisi dan lingkungan kerja yang kondusif bagi perawat di manapun mereka bekerja, baik lingkungan yang bersifat fisik maupun non-fisik, melalui kebijakan  yang mengakomodasi perlindungan bagi perawat dan akhirnya akan berpengaruh terhadap kinerja mereka. Kebijakan yang mengatur keseimbangan kewajiban dan hak perawat dalam menjalankan tugasnya sebagai perawat. Imbuhnya.

Ketua DPW PPNI NTB H. Muhir S.Kep mengatakan, dengan adanya kegiatan ini selain merupakan salah satu amanat dalam 5 (lima) tahun sekali dilaksanakan dalam rangka silaturahmi diatnara para pengurus sehinggga dengan silaturahmi ini guna memberikan masukan yang positif terkait dengan keberadaan PPNI supaya keberadan wadah PPNI dapat melaksanakan tugas guna memberikan pelayanan kepada masyarakat

Keberadaan organisasi PPNI ini merupakan salah satu organisasi yang besar selain PGRI, hal ini dikarenakan keberadaan PPNI tersebut merupakan wadah tempat bernaungnya para perawat yang berada di wilayah kabupaten Bima, sehingga keberadaan PPNI ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat / pasien yang berobat sekaligus membantu para dokter jaga yang ada di RSUD Bima mupun di Puskesmas.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Bima periode 2016 – 2021 Fitri Kurniati, S.Kep. Ms. M.Ph menyampaikan, kegiatan yang kita selenggarakan ini merupakan salah satu agenda yang dilaksanakan oleh PPNI dalam rangka mengajak para perawat untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.



Menurutnya  perawat merupakan sumber daya manusia yang penting di dalam pelayanan kesehatan. Kapasitas mereka dituntut tinggi dalam hal melayani masyarakat. “Sebagai organisasi profesi, PPNI memiliki posisi strategis dalam membantu Pemkab Bima  dalam hal pelayanan kesehatan yang bermutu, sehingga dengan adanya kegiatan ini kedepanya bisa meningkatkan kapasitas perawat, kapasitas perawat bagus, kesejahteraannya bisa meningkat.


Untuk jumlah anggota PPNI sebanyak 1.010 Perawat yang tersebar di 28 (dua puluh delapan) puskesmas  dan RSU, sehingga dengan jumlah perawat tersebut dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat sekaligus membantu para dokter dalam melayani masyarakat. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar