Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Selasa, 19 September 2017

Peminat Joper Di Wawo Meningkat


KM. LENGGE,-Banyak orang beranggapan bahwa ayam kampung menjadi bahan makanan yang lebih sehat ketimbang ayam broiler. Sebabnya pun sederhana, banyak ayam broiler yang sudah mengandung bahan pengawet. Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa ayam broiler merupakan ayam suntik, yang digemukan secara paksa.

Namun dibalik alasan itu semua, ayam kampung memiliki penggemar tersendiri. Hal ini tentu membuka peluang bagi siapa saja untuk mendulang untung. Melihat peluang yang sangat menjanjikan ini beberapa pemuda di Kecamatan Wawo mencoba peruntungan dengan beternak ayam kampung super yang lebih dikenal dengan sebutan Joper (jowo super).

Beberapa kelompok pemuda mulai mencari peluang dengan usaha ayam Joper ini, bahkan sekarang telah banyak kelompok kelompok ternak yang beternak ayam joper ini, "sekarang bukan hanya diminati oleh beberapa saja,tetapi pemuda pemuda disini sudah berlomba lomba memelihara ayam joper",kata syamsulbachri,salah satu pemuda peternak ayam joper yang KM. LENGGE temui.

Banyaknya kelompok peternak joper ini setidaknya mendatangkan efek positif di kecamatan Wawo, kelompok kelompok ini bisa saling sharing permasalahan dan kendala beternak joper, dan tidak menutup kemungkinan Kecamatan Wawo akan menjadi salah satu daerah pemasok ayam super terbesar di Kabupaten Bima.

Kelompok kelompok ternak joper yang kami temui juga mengungkapkan bahwa usaha ayam joper mereka sedikit terbantu dengan bantuan anggaran dari Desa, beberapa desa di kecamatan wawo memang sudah menganggarkan DDA/ADD untuk kelompok peternak. contohnya di desa Maria beberapa kelompok peternak mendapatkan bantuan anggaran. (glnk)

0 komentar:

Posting Komentar