Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Rabu, 10 Januari 2018

Mesin Sensor Milik Kemkominfo Mulai Berburu

Jakarta, CNN Indonesia -Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bakal mulai aktif memburu konten negatif di dunia maya. Perburuan kal ini akan berbeda karena mereka punya mesin sebagai senjata ampuh melumpuhkan konten negatif.

Mulai Rabu, 3 Januari 2018 besok, mesin sensor Kominfo akan mulai beroperasi penuh. Mesin pemburu ini akan merayapi segala konten negatif yang tersebar di internet. 

Pengadaan mesin ini sendiri telah dilakukan Agustus lalu dengan menelan biaya hingga Rp194 milar. Dana sebesar itu tidak hanya digunakan untuk membeli teknologi penapisan. 

Tapi juga digunakan untuk membiayai tim yang akan mengoperasikan mesin sensor ini. Tim yang mengelola mesin sensor ini akan beranggotakan sekitar 50 orang. Tahun depan Kominfo menganggarkan Rp72 miliar untuk operasional mesin.

Dengan adanya mesin ini, maka Kominfo bisa melakukan sensor dalam skala yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Sebelumnya, penyensoran dilakukan manual dengan tenaga manusia dan laporan masyarakat. 

Mesin sensor Kominfo ini ditempatkan di lantai delapan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tim siber yang menangani operasional mesin dinamakan tim Cyber Drone 9. 

Teguh Arifiyadi, Kepala Sub Direktorat Penyidikan Kemenkominfo menjelaskan, mesin crawling yang mereka pakai bisa menciduk jutaan situs dan konten media sosial hanya lewat satu kata kunci. Kecepatan pengumpulan datanya pun terbilang sangat cepat.

"Mesin ini mempercepat waktu, meningkatkan volume, dan penindakan oleh penegak hukum," kata Teguh saat ditemui di lantai 8 Kemenkominfo yang jadi markas operasional mesin sensor itu, Jumat (29/12).

Bertempat di lantai 8 Kemenkominfo, Teguh mengepalai tim Cyber Drone 9, tim yang bertanggung jawab atas operasional mesin pemburu itu. (eks)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180102151443-185-266116/besok-mesin-sensor-milik-kemkominfo-mulai-berburu. dan https://www.kominfo.go.id/content/detail/12249/besok-mesin-sensor-milik-kemkominfo-mulai-berburu/0/sorotan_media

0 komentar:

Posting Komentar