Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 3 July 2016

Pekan Ramadhan Tanamkan Nilai Keagamaan


KM LENGGE,- Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Festifal Ramadhan merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Himpunan Pemuda Desa Maria (HPDM) Kecamatan Wawo setiap tahun di bulan Ramadhan.


Rangkian kegiatan HPDM selama bulan ramadhan, diawali dengan pawai obor menyambut ramadhan, dan setiap hari rutin anggota HPDM menggelar kegiatan tadarus dan membangunkan orang makan sahur.

Kegiatan ini rutin diselenggarakan setian bulan Ramadhan, dan dua minggu sebelum akhir bulan suci Ramdhan HPDM mengelar kegiatan Pekan Ramadhan yang didalamnya terdapat kegiatan keagaamaan yang di ikuti oleh remaja dan Pemuda yang ada di Desa Maria Kecamatan Wawo.

Pekan Ramadhan tahun 2016 ini mengajak remaja, pemuda dan masyarakat untuk menjauhi dan menjaga agar tidak terlibat, terjerumus dan mencegah untuk tidak menyentuk minuman keras, narkoba dan tindakan asusila laiinnya. Hal ini menjadi tema festifal Ramadhan HPDM tahun 2016.

Ketua Himpunan Pemuda Desa Maria (HPDM), Muclis Azis memaparkan bahwa, Memasuki awal bulan Ramadhan HPDM menggelar kegiatan pawai obor yang dikuti oleh seluruh anggota HPDM dan masyarakat  baik yang muda maupun yang tua.

“Memasuki bulan Ramadhan rutin kita gelar pawai obor menyambut bulan suci ini, kemudian hamper setiap hari anggota HPDM yang laki-laki rutin membangunkan orang untuk makan sahur mengelilingi kampung”, kata pria yang akrab disapa Lee ini.

Muclis menambahkan, “Pada pekan terakhir Ramadhan, HPDM menggelar kegiatan Festifal Ramadhan yang setiap tahunnya rutin diselenggrakan untuk membina generasi muda dan remaja, mengenal dan membaca AL-Quran yang bertepatan dengan moment Nujulul Al Qur’an”, serta menanamkan nilai-nilai keagamaan",pungkasnya.

Kepala Desa Maria,  Nurdin M. Saleh  mengatakan Festifal Ramadhan yang dirangkai dengan kegiatan MTQ tingkat Desa ini didukung oleh Pemerintah desa melalui anggaran Alokasi Dana Desa (ADD). Pemerintah Desa Maria mendukung sepenunhya kegiatan ini karena merupakan agenda rutin pemuda dan remaja dan program APBDesa.

“Festifal Ramadhan ini menjadi kegiatan rutin anak muda di desa Maria dan selalu di rangkai dengan MTQ tingkat Desa, kami selalu mendukung sepenunya kekompakan pemuda di desa Maria sehingga Pemerintah Desa menganggarkan dalam APBDesa untuk pelaksanaan Ini disamping sumbangan tidak terikat laiinya,”ujar Nurdin.

Ketua Panitia Pelaksanaan MTQ dan Festifal Ramadhan tahun 2016, M. Taufik mengungkapkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama  seminggu mulai dari Sabtu (25/06 ) sampai dengan (02/07).  Sebelum pelaksanaan tahapan musyawarah bersama dengan pemerintah desa dan masyarakat telah dilakasanakan hingga persiapan panggung dan hal tekhnis laiinya.

“Pelaksaanan MTQ dan Festifal Ramadhan melombakan MQ, hafalan surat pendek , lomba Adzan, Kasidah, Busana Muslim, lomba ceramah dan cerdas cermat  tingakat anak, Remaja, dan  pemuda”, ujar Taufik.


Taufik berharap kegiatan ini tetap berlangsung dan menjadi agenda rutin desa dan pemuda HPDM untuk membina dan menumbuhkan kesadaran generasi muda untuk tetap mempertahankan kegiatan keagamaan sehingga muncul generasi Al Qur’an dan Islami. (Efan)

0 comments:

Post a Comment