Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Selasa, 03 Maret 2020

Bunga Ramdhiani, Mahasiswi Asal Wawo Peserta Global Volunteer di University of Nottingham


KM LENGGE,- Bunga Ramdhiani, Mahasiswa Asal kecamatan Wawo yang menjadi salah satu peserta Global Volunteer yang diprakarsai oleh AIESEC, Global Volunteer merupakan program pertukaran yang melibatkan peran dari pemuda antar negara sedunia untuk melaksanakan proyek sosial di lingkungan lintas budaya. Proyek sosial dilaksanakan berdasarkan Sustainble Development Goals (SDGs).


Untuk mahasiswa yang sudah mendaftar dan lolos untuk mengikuti kegiatan global volunteer berhak memilih kegiatan yang akan diikuti, kegiatan yang dipilih merupakan program untuk mewujudkan Sustainable Development Goals.

Bunga Ramdhiani yang aktif sebagai mahasiswa di Universitas Jenderal Soedirman mengikuti program di Negara Malaysia, tepatnya di University of Nottingham. 

Project Project yang diikuti adalah Clean Our Plate, peserta volunteer berperan dalam membangun kesadaran di kalangan anak muda bahwa membuang makanan (“Food Waste”) adalah hal yang salah dan sangat membahayakan bumi. Hal ini dikarenakan Food Waste berpengaruh langsung dalam kehidupan manusia, baik dari segi ekonomi maupun lingkungan. 

Sesuai dengan yang dijelaskan oleh Bunga, Meskipun suatu negara memiliki manajemen sampah yang bagus, seperti contohnya Landfill, namun sampah-sampah tersebut tetap bisa menimbulkan bahaya untuk lingkungan, sama halnya dengan Food Waste. Food Waste memproduksi gas metana, yang bisa memerangkap panas 25x lebih kuat daripada karbondioksida. Gas metana ini sangat berbahaya untuk lapisan ozon, yang dimana bila semakin banyak, maka Food Waste ikut berpartisipasi dalam pemanasan global.

"Selama program, kami mengadakan workshop di 3 sekolah berbeda untuk menyampaikan permasalahan mengenai Food Waste ini. Anak-anak tersebut berumur 16-19 tahun. Kami menjelaskan terlebih dahulu apa itu Food Waste, grafik Food Waste di Malaysia, efek yang dapat ditimbulkan, serta bagaimana cara mengurangi Food Waste dengan Hand Activity yang dapat dilakukan di rumah. Kami menyiapkan materi yang dikemas dengan menarik dan tidak membuat anak-anak tersebut bosan. 

Seminggu sebelum memulai program, saya dan teman-teman saya berada di minggu dimana kami di fasilitasi untuk belajar mengenai hal-hal yang dapat membantu kami selama program. Kami berkesempatan untuk bertemu dan belajar dari dosen-dosen hebat dari universitas ini. Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga dan membantu saya untuk lebih berani dan percaya diri", jelas Bunga Ramdhiani.

Merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang tua dan masyarakat di daerah Bunga Ramdhiani, karena memang setelah mengikuti global volunteer ini para peserta dapat berkontribusi terhadap pembangunan dunia kearah yang lebih baik. Selain itu, pengalaman lintas budaya juga diharapkan dapat membangun jiwa kepemimpinan pemuda.

Program yang melibatkan para pemuda di seluruh dunia ini bertujuan untuk pengembangan dunia. Diharapkan para pemuda dapat membawa perubahan bagi lingkungan sekitar dan potensi diri mereka sendiri, sebab pemuda adalah kunci untuk masa depan yang lebih baik. (galank)


0 komentar:

Posting Komentar