Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 14 December 2015

TNI Siap Kawal Pilkada Hingga Proses Akhir


KM LENGGE,- Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX / Udayana  Mayjen. TNI Setyo Sularso ketika  melakukan kunjungan kerja di wilayah kabupaten Bima sehari sebelum pencoblosan Selasa (8/12) menegaskan sikap TNI dalam mengamankan Pilkada serentak.


Hal tersebut disampaikan saat melakukan silaturahmi dengan Bupati Bima, Sekda, ketua KPU  dan Bawaslu kabupaten Bima,  seluruh jajaran SKPD lingkup pemerintah kabupaten Bima, camat dan tokoh masyarakat  di aula kantor Bupati Bima di Aula kantor Bupati Bima.

Pangdam dalam arahannya mengatakan, kehadiran beserta rombongan di Kabupaten Bima ingin melihat dari dekat persiapan PILKADA  Bupati dan Wakil Bupati Bima.

Berkaitan dengan pesta demokrasi ini, Pangdam menegaskan, "jajaran TNI siap mengawal pelaksanaan PILKADA yang dilaksanakan di daerah / Kota / kabupaten se – Indonesia termasuk Pilkada yang akan di laksanakan di Kabupaten Bima,Oleh karena itu diinstruksikan kepada seluruh jajaran TNI agar tetap siap  melaksanakan tugas  pengamanan Pilkada. Pelaksanaan pesta demokrasi merupakan harga yang tidak bisa ditawar-tawar dan harus dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu,  Penjabat Bupati Bima Drs. Bachrudin, M.Pd dalam sambutan penerimaan menyampaikan  ucapan selamat datang kepada Pangdam beserta rombongan yang melihat dari dekat persiapan  pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Pj. Bupati mengawali sambutannya dengan memaparkan gambaran umum Kabupaten Bima yang saat ini berpenduduk 568.153 jiwa yang terdiri dari Laki – laki 287.257 jiwa dan Perempuan 280.895 jiwa.

Dari sisi luas wilayah, Administrasi Pemerintahan meliputi 18 kecamatan dan 191 desa. Selain itu berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap ( DPT) sebanyak 370.684 terdiri atas Laki – Laki 182.544 dan Perempuan 188.140 orang yang tersebar pada 693 TPS.

Menyinggung persiapan Pilkada, pendistribusian logistik dan kelengkapan Pilkada, Pemkab.Bima  bersama jajaran KPU Kabupaten Bima telah mendiistribusikan ke wilayah kecamatan mulai tanggal 6 sampai dengan tanggal 7 Desember.  Selanjutnya, pada tanggal 8 Desember pihak kecamatan mendistribusikan ke desa – desa / TPS tempat pelaksanaan Pilkada dan mulai tanggal 9 Desember dilaksanakan pemilihan Pilkada yang dilangsungkan di TPS yang ada.

Usai pelaksanaan pencoblosan mulai sore harinya kotak suara tersebut akan dibawa ke kantor kecamatan dan mulai tanggal 10 sampai dengan 16 Desember 2015 kertas  suara akan dilakukan rekapitulasi seluruhnya di kantor kecamatan. Untuk menjamin keamanan kota suara dan proses penghitungan, dikawal oleh jajaran  KPU ,   Bawaslu kabupaten Bima, para camat, unsur Muspika kecamatan dan para aparat yang siap siaga.

"Setelah seluruh tahapan rekapitulasi selesai di Tingkat kecamatan, maka kertas suara tersebut akan dibawa langsung ke kantor KPU Kabupaten Bima dan pada tanggal 22 Desember 2015 nanti pihak KPU Kabupaten Bima akan mengumumkan siapa yang bakal menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bima periode 2015 – 2020.


Penjabat Bupati Bima Drs. Bachrudin, M.Pd berharap semoga dengan adanya PILKADA ini dapat berjalan dengan aman, lancar sesuai harapan bersama dalam memilih kepala daerah yang akan menjalankan roda pemerintahan.

Acara tetap muka ini ditandai dengan penyerahan plakat dari Pangdam IX/ Udayana M.Setyo Sularso kepada penjabat Bupati Bima dan begitupun selanjutnya. HP Bima (Efan)

0 comments:

Post a Comment