Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 19 February 2014

Durian, Ikon Baru Kecamatan Wawo



KM.LENGGE WAWO,- Kecamatan Wawo terkenal dengan buah jambu klutuknya yang sangat manis dan jarang ditemui di daerah lain Dikabupaten Bima, Jambu Klutuk sudah ada sejak tahun 1940an sehingga tidak mengherannkan jika sudah menjadi ikon Kecamatan Wawo, jambu klutuk dapat kita jumpai di Desa Kambilo daerah bagian tengah dari Kecamatan Wawo.


Tapi sekarang ada sebuah komoditi buah baru dan ingin dikembangkan lebih dan direncanakan juga akan menjadi ikon baru kecamatan Wawo karena memang tanaman ini sangat menyukai daerah dataran tinggi dan lembab,buah apa gerangan? Duren?ya tepat sekali,di Dusun Kawae Desa Maria Utara masyarakat mulai tertarik untuk membudidayakan tanaman ini. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa yang terkenal dengan buah duriannya selama ini hanya Kecamatan Parado.

Seperti pantauan team KM. Lengge Wawo ke lokasi di tiap tiap perkebunan penduduk ditemukan beberapa pohon durian yang sedang berbuah dan bagusnya buah buah ini sudah mulai dijual oleh masyarakat Dusun Kawae,untuk harganya seperti yang dijelaskan oleh masyarakat setempat belum ditentukan dengan jelas dan terpatok, munkin karena buah ini tergolong masih baru dan masih tahap pengenalan.

Untuk yang penasaran bagaimana rasa buah durian masyarakat Wawo bisa dating langsung kelokasi karena memang sudah banyak masyarakat Kawae yang menjajakan buah durian ini dihalaman halaman rumah mereka, layak dicoba!! (GALANK)

1 comments:

Post a Comment