Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Minggu, 31 Januari 2016

PPID Kabupaten Bima Raih Juara I Keterbukaan Informasi NTB


KM LENGGE,- Dalam tiga tahun berturut-turut, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima berhasil meraih prestasi terbaik sebagai juara pada ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi provinsi NTB.


Tahun ini Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan informasi badan Publik oleh Komisi Informasi provinsi NTB yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Lagi Mataram beberapa minggu yang lalu memperlombakan tiga kategori yaitu kategori PPID Kabupaten/kota, Kategori SKPD NTB dan Kategori Partai Politik.

Setelah dilakukan serangkaian tahapan ferivikasi dan kunjungan lapangan ke PPID Kabupaten/kota, SKPD provinsi NTB dan Parpol,  oleh Tim Komisi Informasi pada bulan Desember 2015, para juara pun diumumkan.

Ketua Komisi Informasi NTB Ir.Drs.Syaikhu, M.M ketika membacakan pemeringkatan para juara menobatkan PPID Kabupaten Bima sebagai peringkat I Kategori Kabupaten/Kota,  disusul PPID Kota Mataram pada posisi juara II dan PPID Lombok Barat pada juara III.

Selanjutnya, pada kategori PPID SKPD NTB, juara I disabet Bappeda Provinsi NTB, Juara II  RS Jiwa Mutiara Sukma  dan Dinas Pertambangan dan Energi. Sementara pada kategori Partai Politik (Parpol), juara 1 diraih PKS dan juara II Partai Demokrat.

Pada acara yang turut dihadiri Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, M.Si dan sejumlah pejabat teras Pemprov NTB dan Kabupaten/kota tersebut, Ketua Komisi Informasi Pusat Ir. Abdul Hamid Dipopramono, M.Si dalam sambutannya mengatakan, "Kegiatan ini bukan sekedar pesta tetapi merupakan amanat untuk mengevaluasi implementasi keterbukaan informasi badan publik".
Abdul Hamid menjelaskan, untuk menjamin implementasi keterbukaan informasi publik (KIP) di daerah diperlukan sosialisasi KIP kepada masyarakat agar publik bisa melakukan permohonan informasi. Disamping pada saat yang sama mendorong peran aktif Komisi Informasi di daerah dan mendorong peran media untuk membantu mempublikasi informasi".

Pemerintah provinsi NTB melalui Wakil Gubernur H.Muhammad Amin dalam sambutannya mengatakan, KIP merupakan tuntutan reformasi dan sebagai instrumen suatu negara untuk mencapai  kemajuan. Oleh karena itu lanjutnya, dibutuhkan peran akif masyarakat sehingga akses informasi harus terbuka luas".Jelasnya

Kepala Sekretariat PPID Kabupaten Bima yang juga Kabid Kominfo Dishub Muhammad Irfan, ST., M.Eng usai menerima penghargaan mengatakan, "PPID Kabupaten Bima berhasil meraih peringkat I karena dinilai telah memenuhi syarat antara lain, data yang dibutuhkan sebagai standar pelayanan semua tersedia di sekretariat PPID.

Disamping itu lanjut Irfan,  PPID Kabupaten Bima sudah membentuk 191 PPID Desa, dan ada inovasi berupa pembuatan majalah PPID, Buku Himpunan Peraturan PPID dan Papan Informasi ke semua SKPD dan Kantor Camat.

Agar prestasi ini dapat dipertahankan, "ke depan  penguatan SDM pelayanan dan pembinaan sampai ke tingkat desa, koordinasi dengan SKPD akan makin diintensifkan, sehingga informasi berkala harus sudah ada di Sekretariat tepat waktu dan perlu melakukan inovasi layanan informasi online". Jelasnya.


Pada penyerahan penghargaan tersebut, Bupati Bima diwakili Kadishub Kominfo yang juga  Ketua PPID Kabupaten Bima Zunaidin, S.Sos., MM. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar