Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Minggu, 02 Desember 2018

Perkuat Sektor Perikanan Pemkab Bima Bantu 6,7 Miliar Untuk Nelayan



Untuk memperkuat sektor perikanan bagi nelayan Pemerintah Kabupaten Bima penyerahan sarana alat tangkap perikanan untuk dihibahkan kepada nelayan senilai Rp. 6,7 miliar.

        
Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE didampingi  Ketua DPRD Kabupaten Bima Ny.  Murni Suciyanti,  menyerahkan langsung bantuan tersebut.

Penyerahan tersebut disaksikan juga oleh Komandan Kodim 1608/Bima Letkol (Inf)  Bambang Kurnia Eka Putra, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Hj.  Rostiati Dahlan, para pejabat teras lingkup Pemkab Bima dan para nelayan.

Hari Ikan Nasional (Harkannas) V Tingkat Kabupaten Bima tahun 2018 yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Jalan Soekarno-Hatta Raba Minggu (3/12), selain diisi dengan Bazar Kuliner Serba ikan,  juga ditandai dengan penyerahan sarana alat tangkap perikanan untuk dihibahkan kepada nelayan senilai Rp. 6,7 miliar.
                                   
"Bantuan  peralatan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik, tidak diperjual-belikan,  apalagi berpindah tangan kepada pihak yang tidak berhak".  Tegas Bupati.
           
Berkaitan dengan penyaluran bantuan kepada sejumlah sektor pembangunan  Bupati menekankan pentingnya data yang akurat.
           
"Perlu pendataan menyeluruh terhadap bantuan yang diberikan kepada kelompok dan menyimpan dengan baik catatan administrasi kegaiatan agar bisa dipertanggung jawabkan ketika berhadapan dengan masalah hukum". jelas Bupati.
              
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj. Nurma,  M.Si dalam laporannya mengatakan,  Peringatan Hari Ikan tahun ini mengambil tema "Dengan Protein Ikan,  Kita Membangun Bangsa.
             
Tahun  ini, dilakukan penyerahan secara simbolis Hibah Sarana dan Prasarana Perikanan pada kelompok nelayan Kabupaten Bima Tahun Anggaran 2018 senilai Rp 6,7 Milyar kepada 321 Kelompok atau 1.725 nelayan dan menyebar pada 16 kecamatan pesisir.
           
"Para nelayan dapatkan alat tangkap berupa mesin ketinting,  jaring pukat, perahu,  perahu kayu,  coolbox dan pancing". Jelas Hj. Nurma.
           
Penyerahan paket alat penangkapan ikan (API) berupa 1 unit jaring gillnet Millenium 4 inchi sepanjang 500 m kepada 3 penerima yaitu,  KUD Mutiara langgudu untuk 3 kapal, Koperasi Takapase Sanggar 2 kapal dan KUD Harapan Sape 3 kapal.
           
Selain itu juga di serahkan bantuan untuk sarana budidaya produksi garam berupa, sepeda motor roda tiga (aviar), mesin,  mesin air 23 PK dan 5,5 PK.  Serta hibah bioflog untuk budidaya nila,  bibit kerapu dan bibit lele serta asuransi nelayan. (KM LENGGE/KIM WAWO/Diskominfostik Kabbima)

0 komentar:

Posting Komentar