Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Rabu, 19 Juni 2019

LKKS Provinsi NTB Santuni 200 Anak Yatim



Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial ( LKKS) Provinsi NTB yang bekerjasama dengan Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial Kabupaten Bima Menyalurkan bantuan sosial berupa santunan kepada 200 anak yatim dan kaum dhuafa yang berada di 10 LKKS Penerima di Kabupaten Bima.

Kabid Advokasi LKKS Provinsi NTB TGH. Azhar Rasyid, M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program LKKS Provinsi NTB. Sesuai dengan UU nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, untuk mewujudkan kehidupan yang layak dan bermartabat, serta untuk memenuhi hak atas kebutuhan dasar warga negara demi tercapainya kesejahteraan sosial, negara menyelenggarakan pelayanan dan pengembangan kesejahteraan sosial secara terencana, terarah, dan berkelanjutan. 

“Pelaksanaan Ada 3 (tiga) bidang antara lain,  bidang pendididikan, sosial dan bidang kesejahteraan. Adanya bulan peduli sosial ini diharapkan kepada Pemerintah Daerah dan BUMN / BUMD untuk dapat bersama – sama mendukung pelaksanaan  memberikan santunan kepada kaum yatim piatu dan kaum dhuafa dalam rangka pemenuhan hidupnya,” kata Azhar Rasyid di aula LKSA Ponpes Al – Maliki Kecamatan Woha , Rabu (19/6).


Kedepannya LKKS akan menjalin kemitraan dengan pemerintah dalam beberapa program. Hal ini juga untuk meningkaktan Indek Pembangunan Manusia ( IPM), sesuai dengn salahsatu program Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yaitu terwujudnya NTB yang gemilang. 

Ketua LKKS Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan, S.Pd, menyampaikan apresiasi kepada LKKS Provinsi NTB, yang telah memberikan bantuan sosial sebanyak 200 orang yang berasal dari 10 LKSA yang tersebar di tujuh kecamatan yang ada.

Menurut Hj. Rostiati Dahlan , LKKS Kabupaten Bima merupakan lembaga yang mengkoordinir Organisasi Sosial dalam bentuk Lembaga Kesejahteraan Sosial.  Terdapat 67 lembaga yang terbagi dalam 4 (empat) jenis lembaga yaitu lembaga kesejahteraan sosial anak 50 lembaga, yang masih dalam proses akreditasi 25 lembaga ( 50%) dari jumlah LKSA yang ada dan (45,6% dari total LKS yang ada.

Selanjutnya Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usa sebanyak 4 (empat) lembaga atau 10 % dari LKS yang ada, lembaga kesejanteraan sosial penyandang disabilitas 12 lembaga sebanyak 18% dari LKS yang ada serta lembaga konsultasi kesejateran kelaurga terdiri dari 1 lembaga sebanyak 1,5% dari LKS yang ada.

“Terimaksih LKKS NTB, atas  bansos ini sehingga memberikan keringanan kepada anak yatim dan kaum dhuafa dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Begitu juga kepada pihak BUMN / BUMD , kepada Dinas Sosial Kabupaten Bima yang selalu mendukung kegiatan ini,” ungkap Hj. Rostiati Dahlan.

Sementara itu, Bupati Bima yang diwakili oleh HM. Antonius, S.STP mengatakan bahwa masalah anak yatim piatu dan kaum dhuafa ini merupakan urusan bersama semua pihak, untuk mendapatkan hak yang sama terutama dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup.


Keberadaan pemerintah daerah dan lembaga koordinasi kesejahteraan sosial serta lembaga BUMN / BUMD ini diharapkan dapat melaksanakan perannya untuk menggali, mengembangkan dan mengkordinasikan semua potensi sosial di dalam masyarakat. Kemudian, memfasilitasi dengan berbagai program kemitraan yang ada. Di antaranya, program corporate social responsibility (CSR) pada dunia usaha, program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada LKKS Provinsi NTB yang telah memberikan bantuan / santunan terhadap anak yatim dan kaum dhuafa dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya sehingga dari kegiatan seperti ini kedepannya dapat berlanjut,” ucap Antonius.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LKKS Provinsi NTB yang diwakili oleh Kabid Edukasi Sosial Bapak TGH. Azhar Rasyidi, M.Pd, Ketua LKKS Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan, S.Pd, Bupati Bima yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bima HM.Antonius, S.STP, Ketua dan Pengurus Ponpes Al – Maliki, Perwakilan dari Bank NTB Syariah Bima, serta para penerima bantuan.

Di akhir kegiatan Ketua LKKS Provinsi NTB yang diwakili oleh Kabid Advokasi TGH. Azhar Rasyid, M.Pd bersama Ketua Umum LKKS Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan, S.Pd menyerahkan santunan berupa Sembako yang secara simbolis diterima oleh 20 orang anak yatim dan kaum Dhuafa. Sebelumnya perwakilan dari Bank Syariah NTB juga menyerahkan bantuan sebesar Rp. 2,5 Juta dari CSR yang diterima secara simbolis kepada Ketua Umum LKKS Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan, S.Pd dan diserahkan kepada panitia pelaksana. (Sumber Humas NTB-KM LENGGE/KIM WAWO)


0 komentar:

Posting Komentar