Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 04 November 2019

Bima Raih Juara Festival Pangan Nasional



​Kabupaten Bima meraih juara harapan satu tingkat Nasional, festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Pada Festival tersebut Kabupaten Bima mewakili Propinsi NTB.

Festival tersebut dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, diikuti oleh 34 Propinsi se Indonesia dan di pusatkan di Lapangan MTQ Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu, 02 November 2019.

Kabag Humas Setda Bima M. Chandra Kusuma, Ap, menyatakan, kegiatan itu dalam rangka memperingati hari pangan sedunia (HPS) ke-39 tahun 2019. Propinsi NTB hanya diwakili oleh Kabupaten Bima. ‘’Kita menyajikan pangan lokal khas Bima seperti jagung, empal tuna jantung pisang, pepes okra dan ote ote tempe,’’ujarnya Sabtu, 02 November 2019.

Ditunjuknya Kabupaten Bima, kata Chandra, karena sebelumnya menjadi juara pertama lomba yang sama di tingkat Propinsi NTB beberapa hari lalu. Kegiatan tersebut memperebutkan Piala Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI. Dan merupakan pertama kali dilaksanakan dari tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional.

Dalam festival tersebut yang dinilai adalah tampilan, cita rasa, keragaman bahan dan komposisi gizi. Sedangkan Festival itu bertujuan meningkatkan SDM yang berkualitas dan penanganan permasalahan gizi di masyarakat melalui peningkatan pemahaman masyarakat tentang komsumsi pangan lokal, yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab Bima, Ir. Syaifuddin, lanjut Chandra, mengaku keberhasilan yang diperoleh karena adanya kerja sama yang baik antar dinas yang dipimpinya dengan TP PKK Kab Bima, TP PKK Kecamatan yang didukung oleh Dinas Ketahanan Pangan Propinsi serta TP PKK Propinsi NTB. Syaifuddin berjanji akan mempromosikan menu itu pada masyarakat luas agar bisa menjadi makanan nasional.

Ia berharap semua pihak, Pemerintah maupun Swasta dapat mempromosikan menu yang dibuat itu karena sudah diakui secara nasional lewat festival pangan lokal tingkat nasional. (KIM WAWO)

0 komentar:

Posting Komentar