Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 04 November 2019

Diskominfotik NTB Gelar Anugerah Duta Informasi 2019



Duta informasi 2019 yang yang diinisiasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB kembali digelar, Jum’at (1/11/19). Tahun 2019 ini mengusung tema Ekonomi Kreatif dan Zero Waste.

Mewakili Gubernur, Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Dr.Ir. H.Iswandi, M.Si dalam sambutannya menegaskan pentingnya informasi dan literasi media dalam semua aspek kehidupan. Ia mengajak masyarakat untuk menguasai informasi dari berbagai aspek. Sehingga dapat mengikuti perkembangan dunia.

“Masyarakat kita butuh ketersediaan informasi seluas-luasnya, dan badan publik wajib melakukan pembinaan atau penguatan literasi serta menyediakan layanan informasi publik yang mudah diakes,” tegasnya.

Menutut Sekda, ada 5 isu pokok yang berbasis informasi dan komunikasi. Pertama dibidang demokrasi dan demokratisasi. Masyarakat harus turut berpartisipasi dalam semua proses pembangunan.

“Masyarakat diminta menguasai informasi, kemudian memilih dan memilah serta memanfaatkan informasi itu, untuk kemajuan bersama,”terang Iswandi.

Kedua, terkait globalisasi. "Dan itu juga dibutuhkan informasi untuk bisa mengikuti perkembangan dunia,” jelasnya.

Ketiga, Sekda menekankan pentingnya literasi media ditengah tengah negara kita yang multikultur dan majemuk, terlebih memasuki demokratisasi dan globalisasi.

Sebab menurutnya permasalahan yang sering terjadi ditengah masyarakat yakni konflik. "Itu juga penyebabnya karna informasi. Tentunya, Miskomunikasi, masalah informasi tidak akurat, Hoax, dan lain-lain", tutur Penjabat Sekda ini.

Begitupun persoalan keempat dan kelima, berkaitan dengan masalah korupsi dan good government, semuanya menyakut informasi dan keterbukaan.
Lomba Duta Informadi dinilai langkah  strategis yang harus terus dilakukan. Melibatkan semua unsur masyarakat.

Sementara itu, Plt Kepala Diskominfotik NTB Gde Putu Aryadi, S.Sos, MH, mengungkapkan bahwa penyerahan hadiah kepada pemenang lomba karya jurnalistik dalam ajang Anugerah Duta Informasi 2019, merupakan pemanasan awal menuju  2 event puncak dalam upaya membuka ruang ekspresi dan partisipasi kepada publik untuk ikut aktif dalam membangun NTB Menuju Gemilang.

Event puncak itu, kata Aryadi adalah Gelar Gebyar Keterbukaan informasi publik dan  Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) pada tanggal 7 Nopember mendatang, yang akan menghadirkan ribuan orang dari semua level pejabat publik dan respresentasi rakyat.

Kemudian pada tanggal 17 November, dilanjutkan dengan Gelar Anugerah penyiaran dengan tema " Siaran Sehat Untuk NTB Gemilang". "Ada 16 kategori lomba yang digelar pihaknya bersama KPID dan mitra kerja lainnnya. Dan karya jurnalistik yang terlibat dalam lomba ini, sudah lebih dari 200 karya", tutur Aryadi, di depan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se NTB dan KIM NTB.

Menurut Gede, peran memproduksi dan menyebarkan informasi tidak lagi hanya menjadi milik dan tugas pewarta atau pemilik media dan pemerintah saja. Tetapi semua warga dengan tekbologi digital dengan mudah dapat memproduksi dan menyajikan informasinya ke ruang publik, tuturnya.

Sehingga Diskominfotik akan melakukan penguatan literasi media, melakukan pembinaan dan fasilitasi kepada berbagai komunitas dan masyarakat luas, termasuk penguatan literasi kaum mileniah agar bijak dan mampu memanfaatkan media untuk hal-hal yang produktif.

Duta informasi 2019, melombakan kategori untuk umum yaitu Video pendek atau Vlog, Phonegraf dan Lomba Poster. Anugerah khusus juga diserahkan kepada seniman Perupa Ramah IT.

Selain itu Duta informasi dirangkai dengan lomba 4 kategori  karya jurnalistik dan entertaiment.Diantaranya,  6 Pemenang  Akademi Presenter  yang di inisiasi Inews TV Grup bekerja sama dengan KPID NTB, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB dan  Arief Foundation & Dasa Graha Group. (KIM WAWO)

0 komentar:

Posting Komentar