Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 10 February 2015

Penjelasan Kepramukaan Dalam Pendampingan K 13 SMP 2014 (bag. II/Lanjutan)


KM. LENGGE WAWO,- Berdasarkan diklat Kurikulum 2013 SMP tahun 2014 mengenai kegiatan extrakurikuler dan kepramukaan berikut kami rangkum dan simpulkan beberapa penjelasan dan
pengertian dari kepramukaan dalam kurikulum tersebut, untuk kegiatan extrakurikuler akan saya jelaskan dalam postingan berikutnya.

Pramuka adalah salah satu mata kegiatan extrakurikuler penting dalam pelaksanaan kurikulum 2013,berikut lanjutan dari postingan pertama mengenai pola kegiatan dan lainnya :

POLA KEGIATAN PENDIDIKAN PRAMUKA :
A. Upacara pembukaan dan penutupan :
       Pasukan Penggalang
B. Keterampilan Kepramukaan(Scouting Skill)
       Pioneering (Simpul dan Ikatan)
       Mountenering (Mendaki Gunung)
       Orientering (Peta dan Kompas)
       Camping (Berkemah)
       Wirausaha
       Belanegara
       Teknologi
       Komunikasi

RINCIAN KEGIATAN KEPRAMUKAAN :
Berbaris
Memimpin
Berdoa
Janji
Memberi hormat
Pengarahan
Refleksi
Dinamika kelompok
Permainan
Menghargai teman
Berkomunikasi
MenolongBerempati
Bersikap adil
Cakap berbicara
Cakap motorik
Kepempinan
Konsentrasi
Sportivitas
Simpul dan ikatan,
tanda jejak,
sandi dan isyarat,
jelajah
Peta
kompas
memasak
tenda
PPGD
KIM
menaksir
halang rintang
TTG
bakti
lomba
hastakarya

PEMBENTUKAN GUGUS DEPAN :
§  Anggota putera dan anggota puteri dihimpun dalam Gudep yang terpisah, masing-masing merupakan Gudep yang berdiri sendiri. 
§  Gudep Puteri menggunakan nomor genap sedangkan Gudep putera menggunakan nomor ganjil/gasal.
§  Gudep yang berpangkalan di sekolah dapat berupa :
1)      Gudep tidak lengkap, artinya Gudep tersebut hanya mempunyai satu atau dua  golongan peserta didik misalnya terdiri  atas Siaga dan Penggalang atau Penggalang dan Penegak.
2)      Gudep Lengkap, artinya Gudep tersebut mempunyai golongan peserta didik yang lengkap terdiri atas Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

GUGUS DEPAN DI SMP :
Gudep Pramuka yang berpangkalan di sekolah (SMP) merupakan Gudep Pramuka tidak lengkap, hanya terdiri atas pasukan-pasukan Penggalang dengan ketentuan sebagai berikut:
1.       Pasukan Penggalang idealnya terdiri atas 24-32, maksimal 40  orang.  Pramuka Penggalang dibagi menjadi 3  -  4 kelompok  disebut regu. Apabila melebihi ketentuan, dapat dibentuk pasukan sendiri.
2.       Regu adalah kelompok belajar interaktif teman sebaya usia antara 11-15 tahun yang disebut Pramuka Penggalang. Jumlah anggota dalam satu regu yang terbaik adalah 6-8, maksimal 10 orang Pramuka Penggalang.
3.       Pembentukan regu dilakukan oleh para Pramuka Penggalang sendiri.  Pembina dan Pembantu Pembina dapat membantu jika diperlukan.
4.       Keanggotaan regu bersifat tetap dan mempunyai keterikatan yang kuat.
5.       Setiap regu memiliki nama yang dipilih sendiri oleh anggotanya.  Regu putera menggunakan nama binatang dan regu puteri menggunakan nama bunga atau tumbuh-tumbuhan.
6.       Nama regu merupakan identitas regu dan mengandung kiasan dasar yang memotivasi kehidupan regu.
7.       Setiap regu memiliki bendera regu yang bergambar sesuai dengan nama regu dan menjadi ciri khas yang menandai regu tersebut. Bendera regu diikatkan pada tongkat regu dan  dipegang oleh Pemimpin Regu. Tinggi tongkat  regu adalah  160 cm  dan ukuran bendera 25 cm x 35 cm.
8.       Sistem  berkelompok dalam golongan Pramuka Penggalang diwujudkan dalam sistem beregu yang merupakan unsur  penting/poros dalam metode kepramukaan.
Di Gugus Depan yang berbasis di Sekolah Menengah Pertama peserta didiknya selain siswa sekolah  juga harus terbuka untuk anggota masyarakat usia penggalang yang tinggal di sekitar sekolah tersebut.

STRUKTUR ORGANISASI GUGUS DEPAN :

Lanjutan penjelasan baca ‘Penjelasan Kepramukaan Dalam Pendampingan K 13 SMP 2014 (bag. III/Lanjutan)’ pada postingan berikutnya.

KM. LENGGE WAWO

0 comments:

Post a Comment