KM. LENGGE WAWO,- Lanjutan pembahasan kali ini kita akan masuk ke
bagian pengorganisasian dan penilaian, dimana hal ini adalah suatu yang vital
dalam pendidikan kepramukaan.
MODEL
PENGORGANISASIAN KEGIATAN :
·
MODEL BLOK
1. Diikuti oleh seluruh siswa.
2. Dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran.
3. Untuk kelas I, kelas VII dan kelas X diintegrasikan di
dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
4. Untuk SD/MI dilaksanakan selama 18 Jam, SMP/MTs dan
SMA/MA/SMK/MAK dilaksanakan selama 36 Jam.
5. Penanggungjawab kegiatan adalah Kepala Sekolah selaku
Ketua Mabigus.
6. Pembina kegiatan adalah Guru Kelas/Guru Matapelajaran
selaku Pembina Pramuka dan/atau Pembina Pramuka serta dapat dibantu oleh
Pembantu Pembina (Instruktur Muda/Instruktur Pramuka)
·
MODEL AKTUALISASI
Model
Aktualisasi memiliki karakteristik sebagai berikut.
1. Diikuti oleh seluruh siswa.
2. Dilaksanakan setiap satu minggu satu kali.
3. Setiap satu kali kegiatan dilaksanakan selama
120 menit.
·
MODEL REGULER
1.
Diikuti oleh siswa yang berminat mengikuti kegiatan Gerakan Pramuka di
dalam Gugus Depan.
2.
Pelaksanaan kegiatan diatur oleh masing-masing Gugus Depan.
·
METODE PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN
1.
Pengenalan
dan pengamalan kode kehormatan Pramuka
2.
Belajar
sambil melakukan (Learning by Doing)
3.
Sistem kelompok (beregu)
4.
Kegiatan di
alam terbuka yg mengandung pendidikan yg sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani peserta didik.
5.
Kemitraan
dengan anggota Dewasa
6.
Sistem tanda kecakapan
7.
Sistem satuan terpisah putra dan putri
8.
Kiasan dasar
·
TEKHNIK PENERAPAN KEPENDIDIKAN KEPRAMUKAAN
1.
Praktik
Langsung
2.
Permainan
3.
Perjalanan
4.
Diskusi
5.
Produktif
6.
Lagu
7.
Gerak
8.
Widya Wisata
9.
Simulasi
10. Napak Tilas
·
PENILAIAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN
o
Penilaian
dilakukan secara kualitatif.
o
Kriteria
keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik.
o
Peserta
didik diwajibkan untuk mendapatkan nilai minimal baik pada kegiatan ekstrakurikuler wajib pada
setiap semester.
o
Nilai yang
diperoleh pada kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan berpengaruh terhadap kenaikan
kelas peserta didik.
o
Bagi peserta didik yang belum mencapai nilai minimal perlu mendapat bimbingan terus menerus
untuk mencapai nilai baik.
·
TEKHNIK DAN BENTUK PENILAIAN
Ø
Teknik Penilaian
1.
Teknik penilaian sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri, dan penilaian
antarpeserta didik.
2.
Teknik penilaian keterampilan dilakukan melalui demonstrasi
keterampilannya.
Ø
Bentuk
Penilaian:
1.
Jurnal/bukuharian
2.
Portofolio
Lanjutan penjelasan
mengenai proses penilaian dan pembahasan selanjutnya akan kita bahas di ‘Penjelasan Kepramukaan Dalam Pendampingan K 13 SMP 2014 (bag.
V/Lanjutan)’ pada postingan berikutnya.
0 komentar:
Posting Komentar