Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 15 July 2015

Bimtek Terpadu Penyelenggara Pemilukada


KM LENGGE,- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bima mengadakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) terpadu yang diikuti oleh panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, se kabupaten Bima, Senin 13-14 Juli 2015 di hotel Marina Kota Bima.



Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk pengawasan terhadap tahapan pencalonan perseorangan dan pemutahiran data pemilih dan memberikan pemahaman tentang penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Bima tahun 2015. Dari kegiatan ini diharapkan terjalin kerjasama yang baik antara KPU sebagai pihak penyelenggara teknis dan Panwas sebagai penyelenggara yang akan mengawasi jalannya pelaksanaan pemilukada.

 Kegiatan yang diikuti oleh Panwascam dan PPK dari 18 kecamatan ini juga menghadirkan pemateri dari komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima dan komisioner Panwas Kabuapten Bima.



Ketua panwas kabupaten Bima, Abdullah dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan mengatakan bahwa, bimbingan teknis terpadu ini diikuti secara bersamaan oleh Panwascam dan 2 orang perwakilan dari PPK di 18 kecamatan.

 “Bimtek ini dilaksanakan selama 2 hari pelaksaan, dengan tujuan memmberikan pemahaman tentang pemilihan bupati dan wakil bupati bima tahun 2015 antara penyele nggara pemilu dan pengawas pemilu, sehingga ada sinkronisasi dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah ini,”ujar ketua Panwas kabupaten Bima ini.

Sedangkan, ketua KPU kabupaten Bima, Siti Nursusilawati, S. Ip., M.Ip, saat memberikan materi  menegaskan kepada seluruh penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan dan desa untuk bekerja secara maksimal, mengikuti aturan dan regulasi yang telah di atur sesuai dengan amanat undan-undang dan peraturan KPU laiinya.

“Dalam setiap sesi pertemuan, saya selalu menegaskan kepada seluruh penyelenggara pemilu dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Bima tahun 2015 ini agar menjaga indipendensi dalam pekerjaannya. Ini penting bagi kita, karena tahapan penyelengaraan pemilu tahun 2015, ada pekerjaan baru bagi kita yaitu adanya calon perseorangan dalam bursa memeriahkan pemilukada tahun 2015,”ujar Ibu Sila sapaan akrabnya.


Nursusila juga menambahkan, Pemilukada tahun 2015 ini juga dilaksanakan serentak dibeberapa kabupaten dan kota di Indonesia. Tahapan pelaksanaannya menjadi ujian bagi pelaksaan pemilihan langsung di Indonesia. (Efan)

0 comments:

Post a Comment