Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 15 July 2015

PPDP Lakukan Pemutahiran Data Pemilih


KM LENGGE,- Penyelenggara tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Bima tahun 2015 di kecamatan Wawo dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), melakukan pemutahiran data pemilih dari DP4 atau data pemilih di model A. KWK. Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dilapanagan dilaksanakan oleh petugas pemutahiran data pemilih (PPDP), sejak selasa (14/7) di sejumlah desa di kecamatan Wawo.


Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dari tanggal 15 Juli hingga 19 Agustus 2015, petugas PPDP yang telah direkrut dan di bimtek di tingkat kecamatan bersama pengawasan PPS akan melakukan pencocockan dan penelitian (Coklit) data pemilih.
Sebelumnya, PPDP dan PPS telah dibekali dengan bimbingan teknis cara dan tahapan pekerjaan yang akan dilakakukan dilapangan sesuai jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuapten Bima.

Petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) dan PPS yang akan melakukan pemutahiran data pemilih telah di bekali dengan standar operasional pekerjaan (SOP) dan logistic di lapangan, mulai dari alat-alat tulis (ATK) form A. KWK data pemilih, form A.A KWK form kosong yang akan di isi data pemilih baru atau yang tidak tercantun dalam form A. KWK dan stiker yang akan ditempel disetiap rumah yang telah di kunjungi.

Ketua PPK kecamatan Wawo, Drs. Andiman, saat ditemui di secretariat PPK Wawo membenarkan bahwa sejak selasa (14/7) PPS bersama dengan PPDP sudah berkoordinasi dengan kepala desa setempat dan melakukan sosialisasi di RT dan kepala dusun serta masyarakat dimulainya pemutahiran data pemilih.

“PPDP dan PPS bersama dengan PPK telah bersama-sama melaksanakan bimtek pemutahiran data di kantor camat Wawo yan g di hadiri oleh ketua PPS dan Anggota dan 26 PPDP di 9 desa dikecamatan Wawo.

Bimtek tentang pemutahiran data pemilih sebelumnya dilakukan oleh KPU di ruang Multimedia KPU kabupaten Bima yang diikuti oleh 2 orang perwakilah dari PPK se kabupaten Bima. Bimtek PPK yang dilakukan oleh KPU menjelaskan tentang tugas PPDP, PPS dan PPK. Bimtek ini nantinya oleh PPK akan dilakukan di tingkat kecamatan kepada PPDP dan PPS.

Salahsatu anggota KPU, yangmengisi materi saat Bimtek,  Juriati, SP mengatakan, Bimtek ini diberikan kepada PPK tugas dan fungsi PPK, PPS hingga PPDP. Kemudian nanti PPK yang akan memberikan materi Bimtek ke PPS dan PPDP di tingkat kecamatan. “PPK akan memberikan Bimtek kepada PPS dan PPDP di tingakt kecamatan tentang tugas PPDP, PPS di lapangan,”ujar Juriati.

Juriati juga menambahkan, bahwa Daftar Pemilih merupakan elemen yang sangat penting dalam penyelengaraan pemilihan, baik pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah. Baik dan buruknya daftar pemilih akan memengaruhi baik buruknya kualitas penyelenggaraan dan kualitas hasil pemilu. Jika daftar pemilihnya tidak baik, dapat dipastikan proses dan hasil pemilu akan tidak baik. Sebaliknya dengan daftar pemilih yang berkualitas, proses dan hasil pemilu akan menjadi lebih baik.

PPK adalah salah satu aktor penting dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. PPK harus memastikan bahwa PPS dan PPDP memahami dengan baik dan benar tata cara pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, serta memastikan PPS dan PPDP bekerja mengikuti peraturan perundang-undangan yang ada.

Anggota PPK utusan kecamatan Wawo, Suhardin menyambut baik bimtek yang dilakukan oleh KPU, agar pelaksanaan pemuhairan data ketika coklit dilapangan oleh PPDP dan PPS berjalan sesuai dengan SOP. “Bimtek seperti ini perlu dilakukan setiap ada tahapan agar kita bekerja sesuai dengan petunjuk dan aturan dari KPU dilapangan nanti,”kata Suhardin.


Usai pelaksanaan Bimtek, KPU maupun PPK di tingkat kecamatan, membagikan logistrik pemilu berupa, data pemilih, A KWK, A. A KWK, stiker pemilu untuk di rumah pemilih, buku panduan dan Flasdisk yang beisi form format berita acara dan perlengkapan laiinya. (Efan)

0 comments:

Post a Comment