Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 15 July 2015

Tahapan Vermin dan Vertual Pasangan Perseorangan Lancar


KM LENGGE,- Verifikasi administrasi dan Faktual pasangan perseorangan calon bupati Bima Abdul Khayir dan calon wakil bupati Bima Abdul Hamid, yang telah dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ditingkat kecamatan, dari tanggal 24 Juni hingga 13 Juli 2015, akhirnya telah selesai dilaksanakan. Di kecamatan Wawo, setelah proses verifikasi dan pleno akhirnya telah ditetapkan.


Proses verifikasi administrasi dan factual di 9 desa di kecamatan Wawo berjalan lancer dan berhasil. Walaupun pelaksanaan kegiatan verifikasi ini berlangsung di bulan Ramadhan, namun semangat anggota PPS dilapangan cukup tinggi untuk menyelesaikan tahapan penyelenggaraan pemilukada sesuai jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bima.



Pelaksaan verifikasi di bulan Ramadhan ini ternyata menuai hasil yang jauh dari perkiraan awal, banyak masyarakat yang tidak bisa ditemui di rumah, namun hamper 90 porsen masyarakat begitu antusias menyambut anggota PPS yang melaukan verifikasi data beberapa minggu yang lalu.

Ketua PPS desa Kombo Syarifudin, mengatakan bahwa verifikasi administrasi dilaksanakan dengan anggota PPS selama 2 hari kemudian pelaksanaan verifikasi factual dilapanagan selama 5 hari. “Antusias masyarakat ketika dikunjungi untuk menanyakan dukungannya cukup direspon dengan baik, karena bulan Ramadhan banyak masyarakat yang berada di rumah, sehingga mempermudah proses verifikasi kami dilapanagan,”ujar Syaf.

Hal yang sama dipaparkan oleh ketua dan Anggota PPS lainya, ketika dilapangan, tidak begitu banyak hambatan, mungkin karena bulan Ramadhan sehingga masyarakat vtetap memilih berada di rumah disbanding keluar daerah atau bepergian, sehingga kesempatan ini yang dimanfaatkan oleh PPS untuk mengunjungi pendukung.



Dikecamatan Wawo, Verifikasi administrasi dan Faktual pasangan perseorangan calon bupati Bima Abdul Khayir dan calon wakil bupati Bima Abdul Hamid, dari jumlah dukungan model  B.2 KWK perseorangan sebanyak 1.087 orang dukungan dengan data ganda pada model B. 1 KWK 4 orang, maka jumlah dukungan yang di verifikasi oleh PPS adalah 1.083 orang.

Setelah proses verifikasi administrasi dan factual hingga tahapan pleno di tingkat kecamatan bersama dengan tim penghubung  pasangan calon, panwascam dan PPS maka diperoleh jumlah pendukung yang tidak memenuhi syarat sebanyak 163 dan jumlah dukungan tingakt kecamatan Wawo adalah sebanyak 924 orang.


Tahapan penyelenggaraan pemilu dari awal hingga pleno di tingkat kecamatan nantinya akan di plenokan di tingkat Kabupaten Bima sesuai dengan jadwal tahapan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Bima tahun 2015. (Efan) 

0 comments:

Post a Comment