Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Jumat, 04 Oktober 2013

Guru SMPN 1 Wawo Berhasil Sebagai Finalis Pada Lomba Kreativitas dan Inovasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tingkat Nasional



KM. LENGGE WAWO,- Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMPN 1 Wawo, Eddy Ilhamsyah, S.Pd, berhasil sebagai finalis pada Lomba Kreativitas dan Inovasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tingkat Nasional yang diselenggarakan Pusat Pemberdayaan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) IPA di Bandung Jawa Barat 9-13 Oktober 2013.

Karya yang diangkat Eddy Ilhamsyah adalah Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Menggunakan Pak Gen dalam Pembelajaran Pewarisan Sifat pada Siswa Kelas lX SMPN 1 Wawo. Menurut dia, kata kunci dalam karya tulisnya adalah Pak Gen, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, dan Pewarisan sifat.

Dia mengaku, melakukan penelitian ini selama dua siklus, tujuannya untuk mengetahui apakah penggunaan 'Pak Gen' dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMPN 1 Wawo. Data itu dikumpulkan dengan instrumen pre tes-post tes, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon pendapat siswa.

Data mengenai hasil belajar siswa, kata dia, dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data post tes, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (79,16 persen) dan belum tuntas sebanyak lima siswa (20,83 persen) dengan nilai rata-rata 74,44. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (87,50 persen) dan belum tuntas tiga siswa (12,50 persen) dengan nilai rata-rata 76,46.
“Ini berarti sudah melampaui kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan secara klasikal sebesar (85 persen dengan nilai rata-rata 75,00,” ujarnya di sekolah setempat, Rabu (2/10).

Dengan hasil itu, terangnya, rata-rata perhatian siswa selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) masuk kategori sangat baik. Demikian juga dengan proses bertanya atau menyampaikan pendapat termasuk (kategori baik), sedangkan partisipasi pada kelompok juga sangat baik.
 
“Jadi simpulannya berdasarkan analisis data di atas, “Pak Gen” dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas lX SMPN 1 Wawo. Karya itu, diakui oleh tim penilai dan berhasil masuk sebagai finalis dan satu-satunya yang mewakili Provinsi NTB di tingkat Nasional,” katanya.

Kepala SMPN 1 Wawo, Mulyadin HAR, S.Pd, M.Pd, mengatakan, keberhasilan guru SMPN 1 Wawo itu merupakan anugrah. Apalagi, Eddy Ilhamsyahm S.Pd, sudah beberapa kali mengharumkan nama sekolah, Kabupaten Bima dan Provinsi NTB. Beliau merupakan figur guru profesional sejati. Maka tidak heran dalam usia yang relatif muda sudah meraih pangkat pembina tingkat I IV/b.

“Harapan dan doa kami semoga Pak Eddy dapat meraih yang terbaik pada lomba itu sekaligus membawa pulang tropi juara untuk keharuman NTB dan kemaslahatan pendidikan di Kabupaten Bima khususnya SMPN 1 Wawo,” katanya di sekolah setempat, Rabu.
Tentu keberhasilan itu, kata dia, diharapkan dapat memacu guru lain untuk lebih profesional dan bisa mengikuti keberhasilan yang diraih Eddy Ilhamsyah. (A)

0 komentar:

Posting Komentar