Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 11 Desember 2017

Dinas Kominfostik Fasilitasi Akses Internet Kecamatan.


KM LENGGE,- Untuk memenuhi kebutuhan akses internet bagi masyarakat yang belum bisa menikmati internet dibeberapa wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Bima, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinas Kominfostik) Kabupaten Bima membangun akses jaringan internet menggunakan akses Internet tanpa kabel yang biasa dikenal dengan Jaringan Wireless-Wifi.

Kepala seksi (Kasi) Infrastruktur TIK Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, Muhammad Irfan, ST., M.Eng menjelaskan bahwa jaringan Wireless atau wireless network merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah jaringan komputer dengan menggunakan media udara atau gelombang sebagai jalur lintas datanya.

“Jaringan wireless mempunyai keuntungan, tapa kabel, walau sebenarnya ada jaringan kabel yang terlibat didalamnya. Jaringan wireless bisa browsing internet dari mana saja dirumah, dipasar, di sekolah, disawah,  selama masih dalam jangkauan wireless – tanpa kabel,”kata Irfan.

Bulan Desember 2017 beberapa kecamatan sudah terjangkau akses jaringan wireless Pemkab Bima. Terutama beberapa kecamatan yang belum di jangkau akses jaringan PT. Telkom selaku penyedia internet di daerah.

Jaringan Wireless yang disediakan Pemkab Bima berasal dari senteral Internet Dinas Kominfostik Kabupaten Bima yang berada di Kota Bima. Jaringan wireless atau tanpa kabel tersebut di pancarkan  atau ditembak dengan titik focus di Tower Doro Nae yang telah di pasang alat Repeater (Pengulang)

Bekerjasama dengan PT. Telkom yang memiliki Tower di area Doro Nae kecamatan Lambitu, Diskominfostik menempatkan 1 alat sebagai penerima di tower Doro Nae, Kemudian telah dipasang 2 pemancar sebagai alat pancar yang kemenghadap ke arah timur untuk menjangkau beberapa wilayah kecamatan bagian timur dan dipasang menghadap ke Barat untuk menjangkau beberapa wilayah kecamatan bagian Barat Kabupaten Bima

Pemasangan Repeater ke 2 arah yaitu arah Barat akan mengcover kecamatan Woha dan beberapa wilayah disekitanya dan di kecamatan Donggo. Untuk penempatan repeaternya ada di kecamatan Donggo sehingga bisa mengcover area kecamatan Soromandi dan sebagian Ambalawi.

Irfan juga menjelaskan, “Pemasangan Repeater yang ke arah timur akan mengcover kecamatan Sape dan Lambu. Sedangkan penempatan repeaternya ada di PT. Telkom yang berada di kecamatan Lambu. Area akses jaringan Wireless Pemkab di Lambu ini akan mengcover seluruh area kecamatan Lambu dan Sape,” ujarnya.


Kantor Camat akan dijadikan sentra akses internet yang ada di kecamatan. Sehingga UPT, desa dan Sekolah bisa mengakses jaringan Wireless yang dipancarkan ulang oleh sentra kecamatan. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar