Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 18 December 2017

Peran Serta Masyarakat HUT ke-59, NTB Semakin Berprestasi

KM LENGGE,- Momemtum Upacara Peringatan HUT ke 59 Provinsi NTB, di Ex. Bandara Selaparang Rembiga Mataram, Minggu (17/12). Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengucap syukur kepada Allah SWT telah menjadi bagian dari warga NTB yang memiliki semangat kebersamaan dalam membangun dan memperjuangkan kesejahteraan dalam berbagai pencapian yang baik di daerah NTB.


Secara pribadi Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang biasa di sapa TGB ini mengungkapkan bahwa momemtum Upacara Peringatan HUT ke 59 Provinsi NTB ini memiliki makna khusus dalam jabatan sebagai Gubernur NTB.

“ Tahun ini merupakan tahun penghujung akhir saya memimpim daerah ini dalam 2 periode secara berkelanjutan, syukur alhamdulillah kepada Allah SWT, karena atas karunia-Nya dan juga berkat dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat, NTB kini berada pada track yang benar. Bahkan terus menorehkan pencapaian pencapaian yang baik serta mampu menumbuhkan optimisme yang semakin berkembang,”ujarnya.

Potret pembangunan NTB selama 9 tahun terakhir  mengalami kemajuan yang luar biasa. Pada sektor ekonomi laju pertumbuhannya mencapai angka pertumbuhan 9,9 persen, jauh melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya sebesar 4,9 persen. Selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2014 sampai dengan 2016 pertumbuhan ekonomi NTB juga mampu konsisten berada di atas rata-rata nasional.

Kinerja ekonomi yang baik itu mampu menumbuhkan kemampuan pelaku ekonomi dan menyerap banyak tenaga kerja. Sehingga berhasil mengurangi pengangguran dan angka kemiskinan. "Angka pengangguran terbuka di NTB saat ini sebesar 3,32 persen. Jauh lebih baik dibanding  tingkat pengangguran nasional sebesar 5,5 persen.

Kinerja pembangunan ekonomi  NTB yang baik, telah berdampak pada penurunan angka kemiskinan secara progresif, dari 23,81 persen pada tahun 2008 menjadi 16,02 persen pada tahun 2016. Tidak itu saja, indeks ketimpangan/gini ratio Provinsi NTB  sebesar 0,36  juga lebih baik dari angka ketimpangan  nasional sebesar 0,39.

Kemajuan itu berkorelasi pada peningkatan IPM-NTB dari 64,31 poin pada tahun 2014 menjadi 65,19 poin pada tahun 2015 atau meningkat 1,36 persen. Kemudian di tahun 2016 meningkat lagi menjadi 65,81 poin (0,95%). Sementara IPM nasional tumbuh sebesar 0,91 persen. Dengan lompatan kinerja  IPM itu, NTB dinobatkan sebagai provinsi top mover dalam pencapaian IPM selama dua tahun berturut-turut.

Saat itu Gubernur juga sempat menyebut keberhasilan meraih Predikat WTP 6 kali berturut-turut dalam pengelolaan keuangan daerah, merupakan bukti nyata membaiknya sistem tata kelola pemerintahan NTB. Berkat keberhasilan itu pula, kata TGB diantara ratusan prestasi yang diraih, terdapat anugerah “Pandu Negeri Award 2017” dari Institute of Public Government, sebuah penghargaan bergengsi dalam bidang manajemen dan tata kelola pemerintahan.

NTB juga meraih Anugerah Kepatuhan Tinggi Dalam Pelayanan Publik serta  Penghargaan Nasional Kepatuhan LHKPN Terbaik Tahun 2017 dari Lembaga Anti rasuah  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ratusan pencapaian  yang baik itu kemudian diparipurnakan dengan dianugerahkannya gelar pahlawan nasional kepada salah seorang putera terbaik NTB Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

Gubernur NTB, Dr, TGH. M. Zainul Majdi, M.A mengucapkan terima kasih yang tulus dan apresiasi yang cukup mendalam atas dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak, momentum peringatan HUT NTB ke-59 Tahun Gubernur TGB menyampaikan juga harapannya terkait dengan akan berakhirnya masa kepemimpinan beliau pada tahun 2018 mendatang.


Usai upacara gubernur turun dari podium menuju ke tengah lapangan upacara, menyalami pemimpin upcara mengucapkan permohonan maaf dengan bahasa isyarat menggunakan dua tangannya kepada peserta upacara dari jarak dekat. (Efan)

0 comments:

Post a Comment