Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 19 December 2017

Kampung Media Program Inovasi NTB Hebat


KM LENGGE, - Pada malam Tasyakuran HUT Provinsi Nusa Tenggara Barat ke-59 di halaman Mesjid Hubul Wathoan Islamic Centre Mataram, Gubernur NTB, Dr, TGH. M. Zainul Majdi, M.A menyebutkan bahwa Kampung Media merupakan program andalan Pemerintah Provinsi NTB yang Inovasi dan menginspirasi.

NTB Hebat, Banyak prestasi NTB menginspirasi Indonesia ada Kampung Media, MDGs terbaik di Indonesia. “Mari Kokohkan NTB, terapkan Optimisme dan Inovasi dengan pondasi pendidikan agama dan budaya yang kuat, jadikan NTB lebih hebat lagi,” ajak TGB pada malam itu.

Saat menyampiakan sambutan di hadapan para undangan yang terdiri dari Wakil Gubernur, Sekertaris Daerah, kepala OPD Pemrov NTB, Bupati/Walikota dan masyarakat NTB, Dr, TGH. M. Zainul Majdi, M.A menyampaikan capaian pembangunan dan program yang diraih.

Diantara program yang berhasil bahkan mencuri perhatian Nasional adalah  Kampung Media.  KM program andalan NTB yang sudah menasional. Kampung Media adalah program penyebarluasan informasi berbasis komunitas dan seluruh kegiatannya mengggunakan sebuah portal informasi, berita dan jurnalisme.

Partisipasi publik dapat didorong melalui tingkat penyebaran informasi yang merata di tengah masyarakat. Dengan demikian, menyebarkan informasi sudah pasti memiliki jalinan amat kuat dengan upaya mendorong partisipasi publik dalam pembangunan. Kata kuncinya partisipasi publik adalah penyebarluasan informasi.

Kampung Media membantu pemerintah dalam mempublikasikan keberhasilan pemerintah dalam bidang pembangunan dan bidang lainnya di seluruh desa yang ada di NTB. Sehingga Kampung Media disebutkan khusus oleh Dr, TGH. M. Zainul Majdi, M.A sebagai program yang berhasil.

Salahsatu Warga Kampung Media yang menerima penghargaan dari Gubernur atas keberhasilannya membangun wisata Desa di Desa Mas-mas adalah Kampun Media Kaula. Koordinator KM Kaula Habiburahman menerima langsung penghargaan dari Pemrov NTB.

Wisata Desa Mas-Mas  terletak di Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Digagas oleh Koordinator KM Kaula, anak muda desa bernama Habiburahman mengemas paket wisata di desa bersama dengan anak muda dan warga masyarakat setempat menjadi paket wisata yang bernilai membangkitakn ekonomi warganya.

Sehingga hal ini di apresiasi oleh Pemerintah Provinsi NTB. Bahkan Habibburahman beberapa kali di undang untuk bercerita di level Nasional dan di undang oleh Tim Media Kepresiden RI untuk bercerita tentang keberhasilannya mengemas paket wisata ke Desa dan mempublikasikan lewat Kampung Media NTB.

Keberhasilan Kampung Media tidak berhenti disitu saja, namun program Kampung Media menyabet penghargaan Universal Service Obligation (USO AWARD) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesiakarena dinilai sebagai ide kreatif terbaik dalam penyebarluasan informasi.


Kampung Media berhasil menyisihkan 515 Inovasi dari seluruh Indonesia yang diikuti semua daerah dan lembaga serta kementrian dan memperoleh gelar 9TOP Inovasi Nasional bidang Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Sejak saat itu Kampung Media menjadi materi pembelajaran bagi sejumlah daerah di Indonesia. (Efan)

0 comments:

Post a Comment