Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Rabu, 18 Juli 2018

Bupati Bima : Haji Mabrur Terpancar dari Kesholehan Pribadi dan Sosial


KM LENGGE,- Sebanyak 598 Calon Jemaah Haji yang terbagi menjadi 3 kloter asal Kabupaten Bima, hari ini sabtu ( 14/07/2018 ) mengikuti kegiatan Bimbingan Manasik Haji. Kegiatan yang digelar di Mesjid Sultan M. Salahudin Bima ini, dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Bima  H.M. Qurban, SH


Dalam Sambutan yang dibacakan oleh Asisten 1 H.M. Qurban, SH, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan manasik haji Tahun 2018. 

Menurut Bupati,mPelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Calon Jamaah Haji guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan Syariat Islam serta proses perjalanan haji. 

Diharapkan kepada para tamu Allah yang mengikuti manasik haji tahun ini, agar benar-benar menggunakan waktu dengan baik selama kegiatan ini berlangsung; karena manasik haji ini dilaksanakan dengan tujuan agar para jamaah nantinya lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan Ibadah Haji dan memperoleh haji mabrur sepulang dari tanah suci. 

“Nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial. Kemabruran haji sesungguhnya berdimensi vertikal dan horizontal; ditandai dengan meningkatnya kesalehan personal, serta makin meningkatnya kesalehan sosial.  Dari kedua dimensi itulah, kita semua yang telah menunaikan ibadah haji hendaknya mampu menyeimbangkan antara kesalehan personal dan  kesalehan social” ungkap Bupati melalui Asisten 1. 

Lebih lanjut,  Bupati Bima berpesan kiranya Jemaah Haji Kabupaten Bima dapat menjadi teladan di mata internasional; sanggup memelihara dan menjaga kesehatan fisik dan mental dengan sebaik-baiknya. 

“hormatilah adat dan kebiasaan masyarakat setempat karena kita akan menjadi tamu di Negara lain. Selain itu agar senantiasa memiliki kesadaran, tanggungjawab, dan integritas, sebagai seorang muslim yang mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan dan menasehati, menghargai perbedaan dan toleransi, serta mengajak ber-amar ma’ruf nahi munkar”
Untuk jadwal Pemberangkatan Jamaah Haji akan di lakukan selama bertahap. Untuk kloter Pertama akan berangkat pada tanggal 22 Juli 2018, sebanyak 447 jamaah yang terdiri dari jamaah asal Kecamatan Sape, Lambu, Wawo, Wera, Ambalawi, Palibelo, Belo, Lambitu, Woha, Monta, Parado, Langgudu, Sanggar, dengan titik start yaitu di kantor Bupati Bima LLK.

Kloter Kedua akan berangkat pada tanggal 27 Juli 2018, sebanyak 90 jamaah yang berasal dari Kecamatan Bolo, Madapangga dan Monta dengan titik star Paruga Nae Bolo. Untuk Kloter ke Tiga akan berangkat pada tanggal 30 Juli 2018, sebanyak 62 jamaah yang berasal dari Kecamatan Donggo, Soromandi dan Parado dengan titik start di Paruga Nae Bolo.

“Dengan mengucapkan ”Bismillahirrahmanirrahim, sembari memohon Rahmah dan Ridho Allah SWT, Kegiatan Manasik Haji Bagi Jamaah Calon Haji Kabupaten Bima Tahun 2018 M / 1439 H, dengan ini saya nyatakan DIMULAI. Semoga Allah SWT senantiasa  memberikan petunjuk dan bimbingan, kecerahan bathin, kekuatan dan kesehatan raga, keuletan, kesabaran dan semangat yang tinggi hingga dapat menunaikan ibadah haji yang berkesudahan dengan haji MABRUR”  ungkap Asisten 1 mengakhiri pembacaan Sambutan Bupati Bima. (kim wawo)



0 komentar:

Posting Komentar