Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Minggu, 06 Mei 2018

Pemkab Bima Luncurkan Buku Keajaiban 1000 Hari Pertama Kehidupan


KIM WAWO,- Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bima pada momentum peringatan HUT Kartini dan GOW tingkat Kabupaten Bima yang dilangsungkan di aula kantor Bupati Bima pada hari senin (23/4) meluncurkan buku keajaiban 1000 hari pertama kehidupan.

Menurut Tita Masithah, M.Si penulis 1000 HPK mengatakan, peluncuran buku ini bertujuan untuk mempercepat perbaikan gizi generasi dengan gizi pada periode emas yaitu sejak hamil hingga anak berusia dua tahun. Intervensi pada periode ini menentukan kualitas generasi di masa depan dengan sasaranya adalah ibu hamil dengan indicator penurunan jumlah ibu hamil yang menderita anemia, kemudian ibu meyusui dengan indicator peningkatan persentasi ibu yang memberikan ASI E – 6 bulan dengnan sasaran adalah anak usia 0 -24 bulan.

Dengan adanya peluncuran buku ini kedepannya para ibu hamil dapat memberikan asupan gizi yang terbaik bagi anak – anaknya sehingga kedepan akan menciptakan generasi emas. Ujarnya.

Hal yang sama di sampaikan oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri bahwa peluncuran buku ini dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang diselenggarakan secara terpadu dan menyeluruh dalam bentuk upaya kesehatan masyarakat yang tertuang dalam UU nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Semangat ini merupakan salah satu sasaran pokok dalam RPJMD 2015 – 2019 yakni meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak yang ditandai dengan membaiknya status gizi ibu dan anak, menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan upaya kesehatan berbasis masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kesehatan telah berkomitmen kuat dengan mengalokasikan 1 milyar rupiah dalam APBD II sejak tahun 2011 s/d 2018 untuk menurunkan prevalensi stunting pada balita. Dukungan tersebut berupa kegiatan intervensi perbaikan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan mulai dari usia kehamilan hingga anak usia 2 tahun.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri berharap semoga dengan adanya peluncuran buku ini akan dapat bermanfaat bagi ibu balita dan menjadi pembelajaran yang baik bagi semua pihak akan pentingnya kesehatan ibu hamil dan balita.

Selain dilakukan peluncuran buku ini, pada kesempatan tersebut Kabid. Pelayanan kesehatan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Siti Nurbahjah menyerahkan secara simbolis buku Keajaiban 1000 Hari Pertama Kehidupan kepada Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, Ketua DPRD Kabupaten Bima Murni Suciyanti serta Ketua GOW Kabupaten Bima Rostiati Dahlan, S.Pd. (KIM WAWO/HUMAS)

0 komentar:

Posting Komentar