Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 6 July 2014

Kampung Media Bawa Desa Maria Jadi Duta NTB Lomba Desa Tingkat Nasional


KM LENGGE WAWO,- Kampung Media Lengge Wawo adakan pelatihan dan praktek membuat sebuah dokumenter atau video kepada para penggiat internet dan anggota Kampung Media, alhasil Kampung Media Lengge dipercayakan oleh Pemerintah Kecamatan Wawo dan Kabupaten Bima membuat video Profil Desa Maria untuk diikutkan dalam lomba Desa Tingkat Nasional.


Banyak cara yang lakukan untuk menyampaikan informasi ke masyarakat, baik itu lewat tulisan, suara maupun gambar. Di Abad 21 yang serba modern ini perkembangan dunia disegala bidang begitu pesat, tidak ketinggalan dunia Informatika dan Telekomunikasi. Masyarakat semakin dipermudah dengan semakin berkembangnya teknologi di dunia Informatika. Semakin mudanya peralatan yang menawarkan untuk kemudahan berkomunikasi maupun berinteraksi maka memudahkan masyarakat untuk mendaptkan berbagai informasi atau berita dengan cepat dan akurat.

Informasi yang berisi berita saat ini merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat, tanpa tahu atau mengikuti berita kita seakan tertinggal dalam segala hal. Berkembangnya teknologi dan peralatan telekomunikasi menyebabkan semakin mudahnya kita mendapatkan berbagai informasi yang berupa berita ataupun artikel di media cetak mauapun media elektronik.

Kampung Media Lengge Wawo saat ini sedang mencoba mengembangkan trobosan baru untuk penyebarluasan informasi yaitu lewat informasi berita Video atau gambar bergerak. Semakin banyaknya websait di dunia maya yang menawarkan penyebarluasan informasi gratis seperti Youtube memunculkan ide anak-anak Kampung Media LenggeWawo untuk mengembangkan trobosan berita dalam Video.

Koordinator Kampung Media Lengge Wawo, Edy Irfan, memaparkan Sejak diresmikan secara terbuka akhir tahun 2013 yang lalu Portal Kampung Media NTB menyediakan banyak sub menu pilihan untuk kita jajaki. Salahsatu yang coba sedang dikembangkan oleh KMLW adalah penyebarluasan informasi lewat video, yang kebetulan dalam Portal Terbuka Kampung Media memiliki Sub Menu “TIPI KAMPUNG”.

“Saya ingat pertengahan Maret 2014 yang lalu, ketika pelatihan pengenalan dan pengembangan websait di Mataram, Kepala Kampung, Fairuz Abadi mengatakan bahwa kedepan nantinya fitur menu TIPI KAMPUNG ini akan menjadi Televisi anak-anak kampung yang di dalamnya berisi video tentang tentang kampung anak kampung media”, kata Edy.

Fitur Sub Menu TIPI Kampung ini yang menarik anak-anak KMLW untuk coba kembangkan informasi di video. Berangkat dari keinginan itu Koordinator Kampung Media Lengge mengajak teman-teman Kampung Media di Kecamatan Wawo dan beberapa penggiat kampung Media dari anak-anak SMA dan SMP untuk dilatih dan diperkenalkan tentang Dunia Video atau gambar bergerak.

Berbekal pengalamannya bekerja di Bima TV sebagai Editor dan Kameramen,  Edy mencoba merangkul teman-temannya untuk diajarkan cara mengambil gambar menggunakan kamera Video. Kebetulan  dua tahun yang lalu dari uang hasil tabungan membuka jasa shoting Video dan honor dari Kampung Media maka Edy memilik Kamera Video Merk Brica DV-500Z, Threepod, dan 1 unit PC yang sudah diinstal Program Editing Video, Adobe Primiere  Pro 7.0.

Sebagai tahap awal, anak-anak kampung media diperkenalkan cara pengoperasina kamera, kamera ada dua jenis yang menggunakan Mini DV sebagai media penyimpanan gambar dan Memori (RAM). Seiring dengan perkembangan teknologi media penyimpanan yang menggunakan Mini DV kini semakin sulit dicari begitu juga Kamera Video jenis ini, seperti Soni SC. 600 maupun JVC N.  “Ada seh ada Cuma kita harus browsing dan pesan online lewat internet, karena sudah jarang diproduksi maka kita hanya bisa mendapatkan barang second. Kamera Video yang menggunakan media penyimpanan Video dengan Mini DV sebenarnya jauh lebih bagus kualitas gambarnya karean direkam denga pita magnet dan bentuk Format Video File nya adala AVI (Audio Video) Murni’ Kata Edy.

“Saya punya jenis Camera Video yang menggunakan Mini DV merk JVC kondisi masih bagus, tapi nanti kita kesulitan harus capture gambar di PC yang harus memiliki Harware sendiri untuk input video dari Mini DV” ujar Edy sambil memperlihatkan Cameranya. Namun Agar lebih praktis dan mudah kita akan menggunakan Camera Video Merk Brica DV-500Z yang memakai media penyimpan RAM dengan ektensi File Movie.

Sebenarnya menurut pengalama Edy bahwa lebih mudah dan hasilnya bagus dengan kualitas gambar yang tinggi kita menggunakan Format Video file AVI, namun 3 tahun terakhri ini menurutnya semakin banyak pabrik yang menyediakan kamera dengan hasil simpan gambar menggunakan file MPEG, 3GP, Movie. “ Bagus seh....namun kualitas file Avi jauh lebih jernih dan pixelnya padat”, ujar Edy.

Setelah mendapatkan penjelasan tentang jenis kamera, penggunaan dan mengoperasikan Kamera Video,  maka diajarkan pula cara mengambil gambar dengan berbagai cara pengambilan.

“Untuk memudahkan edit menjadi sebuah File jadi, maka dalam proses merekam video perlu disiapkan rencana pengambilan video, ulai dari tahap  awal merekam apa, kedua juga merekam apa”.  misalnya kita ingin mengambil video tentang pemandangan maka urutan Proses pengambilan gambar harus dari pohon kayunya dulu, trus tanah, langit dan sebagainy. Hal ini dilakukan agar kita bisa menentukan tema Video yang kita buat.

Dalam dunia jurnalis TV juga ada yang namanya narasi, jadi agar lebih muda kita membuat video makanya tentukan narasi dulu, hal ini dilakukan kalau kita merencanakan membuat sebuah Film Dokumenter misalnya, maka Narasi perlu di buar dulu, sehingga dalam pengambilan gamnbar nanti kita tinggal mengikuti cerita narasi.

Kalau sudah merasa cukup gambar yang kita ambil maka tahapan selanjutnya adalah memindahkan atau meng-Copy  File yang menggunakan Format Video “Movie“ dari Memori Kamera lewat Cardrider ke dalam PC atau Laptop. “Jangan lupa ketika mengcopy pastikan disimpan di partisi selain C, misalnya di Partisi D dan buatkan Folder tersendiri agar proses editnya nanti mudah.

Nah, Tahapan selanjutnya kita akan melakukan Edit Video menggunakan Program Adobe Premiere 7.0. Tahapan ini lumayan sulit karena kita harus memotong gambar berdasarkan cerita narasi dan menambahkan efek-efek gambar kelihatan menarik nantinya. Disegment ini sulit penulis ceritakan karena proses edit ini sulit dijabarkan dalam bentuk tulisan yang kami bisa hanya dipraktekan.

Setelah diajari tentang pengambilan gambar dan edit video Anak-anak Kampung Media bahkan dipercayakan oleh Pemerintah Kecamatan Wawo dan Pemerintah Kabupaten Bima membuat Video Profil Desa Maria yang menjadi Duta Kabupaten Bima dalam Lomba Desa tingkat Propinsi. Berkat salahsatu penilaiannya adalah di video tersebut, maka Desa Maria, Kecamatan Wawo Kabupaten Bima terpilih mewakili NTB di lomba Desa tingkat Nasional.

Proses pengambilan gambar profil Desa Maria untuk diikutkan dalam Lomba Desa tingkat Nasional bersaing dengan 34 Propinsi NTB dilakukan sendiri oleh seluruh anak-anak Kampung Media Lengge Wawo.

Bahkan video Profil Desa Maria yang dibuat oleh anak-anak Kampung Media yang berdurasi 13 menit di upload di Youtube. Kami juga telah meminta kepada, Koordinator Kampung Media, Fairuz Abadi sebagai kepala kampung Media NTB untuk dimuat di portal terbuka Kampung Media di fitu TIPI KAMPUNG. Namun  sampai dengan sekarang belum dimuat.

Koordinator pengambilan gambar profil Desa Maria, Galang Ramdhan dan Muslim berharap Kampung Media NTB memuat hasil karya anak-anak Kampung Media Lengge ini. “ Hasil karya kami telah diikutsertakan dalam lomba desa tingkat Nasional, begitu dipercayanya kami oleh pemerintah dan masyarakat bahkan di akhir video dengan durasi 13 menut tersebut kami mencantumkan tulisan Produksi Kampung Media, hal ini menjadi kebanggaan anak-anak Kampung Media se NTB dari ujung timur kecamatan Sape hingga ujung barat kecamatan Ampenan”, ujar Galang.

“Apalagi menurut informasi sementara bahwa Desa Maria kini telah masuk urutan ke 8 tingkat Nasional dalam Lomba Desa Tingkat Nasional, dan ini prestasi yang membanggakan bagi kita masyarakat NTB”.  (Efan)

0 comments:

Post a Comment