Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 18 Maret 2013

Hujan Deras, Sejumlah Tebing Jalan di Wawo dan Sape Longsor

KM. LENGGE WAWO,- Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Wawo dan Sape tiga hari terakhir, menyebabkan beberapa lokasi terjadi longsor tebing di pinggir jalan negara antara Wawo-Sape. Namun, longsor yang paling parah terjadi sekitar Oi Woro Klate Niu Desa Raba Kecamatan Wawo.


Pantauan kami di lokasi longsor, Senin (18/3), luas areal tebing yang longsor sekitar 15 meter hingga 20 meter. Akibat longsor itu tanah, bebatuan dan pepohonan menutup sebagian badan jalan. Kondisi itu menyebabkan terjadi kemacetan kendaraan yang berlalu lalang di lokasi itu.

Bukan hanya itu, sebagian warga bergotong royong membuang tanah dan bebatuan. Namun, pekerja yang mereka lalukan bukan semata-mata membantu secara ikhlas, tetapi meminta jasa kepada pengguna jalan, meski permintaan itu tidak dipaksakan.

“Kita ingin membantu memercepat proses mengeluarkan tanah dan bebatuan. Bahkan, di lokasi itu banyak pepohonan yang tumbang akibat longsor,” ujar Nurdin kepada kami di lokasi, Senin (18/3).

Longsor itu, kata dia, mulai terjadi Jumat (15/3) sekitar pukul 15.00 wita, tetapi yang lebih parah terjadi Sabtu (16/3) sekitar pukul 08.00 wita. Kondisi tanah yang labil itu terus merangsek masuk di tengah badan jalan. Karena itu warga tetap berada di lokasi untuk menjaga kemungkinan longsor susulan.
“Kalau dibiarkan begitu saja, maka sebagian tanah tetap menutupi jalan negara itu. Seharusnya secepatnya alat berat memindahkan tanah longsor itu,” katanya.

Hal senada dikemukakan Syaiful Jamil dan Suryadin. Mereka berharap secepatnya alat berat memindahkan tanah dan bebatuan akibat longsong, seperti di dekat penjualan warga Desa Raba sekitar pemancar tower. Ada bongkahan batu besar yang diperkirakan akan longsor dan bakal melindas pondokan tempat jualan warga di lokasi itu.

“Kalau ini tidak cepat ditangani bisa membahayakan pengguna jalan terutama yang berjualan di lokasi itu,” kata Syaiful Jamil yang diamini rekannya.


0 komentar:

Posting Komentar