Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 15 August 2014

Promosi Budaya Lewat Youtube dan TIPI Kampung

 
KM LENGGE WAWO,- Negara kita adalah negara yang memiliki beragam suku, etnic, sosial budaya dan sejarah nenek moyang yang multikultur tersebar di wilayah Indonesia. Oleh sebab itu banyak tempat wisata, kebudayaan, kesenian daerah yang tidak terekpose atau tersosialisasi ke dunia teruatama di kampung-kampung. Berangkat dari latarbelakang inilah Kampung Media Lengge Wawo berinisiatif  Untuk menyebar,  memberikan informasi dan mensosialisasikan  tentang daerah Pariwisata, Kesenian Budaya, Cagar Budaya dan tempat-tempat bersejarah lainnya yang ada di desa-desa. Kampung Media Lengge Wawo berencana membuat berita/dokumenter pariwisata desa-desa maupun kecamatan dalam bentuk Video yang berdurasi pendek untuk di masukan di TIPI KAMPUNG Portal Kampung Media NTB atau lewat Youtube.


Sejak di resmikan dan dibuka untuk umum Portal Kampung Media masih dalam tahap penyempurnaan, terutama fiturfitu sub menuh pilihan beritanya. Salahsatu yang menarik bagi Kampung Media Lengge adalah tentang Vitur khusus Video di TIPI KAMPUNG, sepertinya kedepan fitur ini akan jadi topic tren bagi penggiat Kampung Media.

Keberadaan Media Cetak, seperti surat kabar, koran semakin lama kedepan nanti akan ditinggal, karena kemajuan dibidang Informasi dan Teknologi begitu pesat, dalam satu bulan saja penemuan dan inovasi produk-produk elektronika seperti Komputer, Laptop, Handpohone. Tablet, IPOD begitu giat berkembang dalam suasana sainganan produk di pasaran.

Kemajuan dibidang Hardware atau peralatan  tentunnya didukung juga oleh pembangunan dan menemuan infrastruktur menunjang dalam hal menopang dan mengiri peralatan yang berkembang di bidang TI maupun IPTEK .

Dengan kemajuan IT dan IPTEK seperti ini mau tidak mau suatu saat media cetak akan bergeser oleh Media Elektronik dan Intenet. Kemajuan IT dengan infrastruktur Satelit, dan jaringan Internet inilah yang diikuti oleh semua kalangan termasuk didalamnya penyebaran berita dan informasi ke dunia.

Berbicara jaringan internet maka kita akan berbicara dunia maya yang didalamnya dapat diakses oleh semua orang yang memanfaatkan kemajuan IT ini. Kampung Media salahsatu pendobrak berita-berita ONLINE diinternet  yang ada di Nusa Tenggara Barat, muncul awal tahun 2008 dengan Program unggulan Disahubkominfo NTB didukung penuh oleh Gubernur KH. Jainul Majdi.

Saat ini Kampung Media telah melakukan inovasi yang cukup besar dalam kemajuan penyebaran informasi dengan membuka Portal Terbuka http://kampung-media.com/, sejak diresmikan awal Januari lalu ratusan anak-anak kampung yang tersebar di pelosok NTB bahkan yang anak kampung NTB yang berada di luar daerah seperti Jawa dan Kalimantan dan bahkan luar Negeri seperti Korea ikut menyumbangkan tulisan dan bisa melihat berita kampung halamannya.

Banyak fitur dan menu yang disediakan di Portal terbuka ini untuk kita pilih saatelah menjadi anggota dan inggin memasukan berita 2 diataranya adalah yang menarik minat anak-anak kampung media http://lengge-wawo.blogspot.com/ adalah Galeri Kampung di FOTO Kampung dan TIPI Kampung

Fitur TIPI KAMPUNG di Portal Kampung Media ini kedepan akan menjadi Fitur Vaforit yang bisa menyaingi Youtube, karena kedepan masyarakat akan sering disuguhi dengan berita-berita dalam gambar dan Video. Karena masyarakat akan bisa melihat langsung gambar berupa berita dan informasi yang disuguhi.

Anak-anak Kampung Media Lengge Wawo beberapa bulan yang lalu telah mencoba membuat video Profil desa dengan durasi waktu 18.01 menit di Link : http://www.youtube.com/watch?v=Ug7zB0v-gxc dan durasi waktu 13.04 menit di Link : http://www.youtube.com/watch?v=FPAobP_fiTY, https://www.youtube.com/watch?v=vBlOkLdosQw, video ini dibuat oleh anak-anak kampung media sendiri dengan proses 4 hari.

Kepercayaan diri Kampung Media Lengge Wawo melakukan ini berkat dipercayakan oleh Pemerintah kecamatan Wawo dan Kabupaten Bima untu membuat Video Profil Desa Maria di ajang Lomba Desa Tingkat Nasional mewakili NusaTenggara Barat (NTB) ditingkat Nasional dan meraih peringkat 8 besar Nasional.

Disamping itu juga Kampung Media Lengge, telah sekita awal bulan April yang lalu telah melakukan pelatihan dan training mengenai proses pembuatan video, dari awal pengambilan gambar hingga proses jadi video utuh.

Penyebaran berita dan informasi dengan Video lewat media TIPI KAMPUNG http://www.kampung-media.com/tipi-kampung diharapkan mampu menjadi trend dan vaforit di anak-anak penggiat kampung di pelosok-pelosok, dan berita video ini bisa kita promosikan lewat http://www.youtube.com agar semua dunia juga melihat dan mendengarkan kabar dan informasi yang baik dari kampung kita. (Efan)

0 comments:

Post a Comment