Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 19 December 2014

MTQ Kecamatan Wawo Bentuk Generasi AL-Quran

KM LENGGE WAWO,- Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXIX tingkat kecamatan Wawo secara resmi di buka oleh Bupati Bima yang diwakili oleh Asisten I pemerintahan dan kesra kabupten Bima, Drs. H. Abdul Wahab,  Kamis malam (18/12/14) di gedung serba guna Lengge Nae kecamatan Wawo.
 
Dalam pembukaan acara tersebut,  dihadiri oleh Assisten I kabupaten Bima, anggota DPRD dapil IV, Ishaka A. Majid, SH, Kepala dinas Koperasi dan perdagangan kabupaten Bima Siti Mesyarah, Forum pimpinan kecamatan yang terdiri dari Camat Wawo, Kapolsek, Danramil dan KUPT Dinas Dikpora kecamatan Wawo,  alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kepala sekolah, kepala desa beserta jajarannya dan masyarakat kecamatan Wawo.

Acara Pembukaan MTQ Ke-29 tingkat  kecamatan Wawo berlangsung meriah dengan berbagai hiburan kasidah, marawis, hadrah yang dihadirkan oleh sangar  La Diha, anak-anak dari SDN 1 Maria dan SMPN 1 Wawo serta regu Hadra dari Desa Kombo.

Ketua panitia MTQ kecamatan Wawo ke 29 tahun 2014 dalam laporannya menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan MTQ adanya surat dari lembaga pengembangan tilawatil qur’an (LPTQ) kabupten Bima pada tanggal (30/09) tentang pelaksaan MTQ tahun 2014. Kegiatan MTQ ini bertujuan sebagai rangkian dari kegiatan MTQ secara berjenjang dari tingkat desa hingga tingkat Nasional dalam upaya membangun masyarakat Indonesia  dan masyarakat Bima khususnya dengan mengedepankan dan mensukseskan program membumikan Al-Qur’an yang telah dicanagkan oleh pemerintah kabupaten Bima.

“ Rencananya pelaksaan MTQ dari pembukaan hingga penutupan akan diselenggrakan selama 1 Minggu dari tanggal 18 Desember hingga 24 Desember 2014 di Lengge Nae. Dengan jumlah peserta sebanyak 69 orang dan 36 regu kasidah rebana dan 7 kategori cabang mata lomba, dengan rincian 46 orang cabang tilawatil Qur’an, 8 orang Tahfizul Qur’an, 12 orang Tartil Qur’an, 9 orang Fahmil Qur’an, 9 orang Syahril Qur’an, 3 orang Khatil Qur’an, 18 regu Qasidah Rebana ” ujar Alimuddin.

Sedangkan Bupati Bima dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assiten I  yang sekaligus ketua LPTQ kabupaten Bima Drs. Abdul Wahab, mengatakan Bupati Bima H. Syafruddin H. M. Nur “ dari hati yang paling dalam beliau mngucapkan permohonan maaf karena tidak bisa hadir karena tugas luar dan menyampaikan salam hormat kepada masyarakat Wawo,”ujar Wahab.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh H. Abdul Wahab, Kecamatan Wawo adalah kecamatan yang ke delapan melaksanakan MTQ  dari 18 kecamatan yang ada di kabupaten Bima. Semoga antusias masyarakat kecamatan Wawo terhadap kegiatan keagamaan ini cukup tinggi walau musim hujan sedang melanda.
Kegiatan MTQ jangan hanya sebagai kegiatan yang di anggap kegiatan seremonial tapi lebih dalam bahwa kegiatan MTQ merupakan kegiatan keagamaan yang diadalamnya terkandung nilai-nilai yang  perlu kita gali dan ikuti. MTQ dapat meningkatkan iman dan taqwa kita dan menghasilakn generasi Qur’ani yang bisa baca tulis Al-Qur;an.

Pelaksanaan MTQ ini adalah untuk mensyiarkan agama Islam ke masyarakat, meningkatkan pengamalan minat baca masyarakat terhadap Alquran, dan untuk merajut silaturrahim antar masyarakat dari seluruh desa yang ada dikecamatan Wawo. Tidak hanya itu, pelaksanaan MTQ ini juga untuk menyeleksi para qori dan qoriah utusan kecamatan untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupten Bima.

“Dengan MTQ ini, mari kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan alquran dlm rangka mempererat tali silaturrahim, demi terwujudnya minat baca terhadap Alquran bagi anak-anak, generasi muda dan orang tua,’’ kata Wahab.

Wahab juga berpesan kepada anak-anak,  generasi muda  dan orang tua , bahwa kedepan bagaimana kita menjawab tantangan kehidupan yang semakin modern, jangan sampai Al-Qur’an kita tinggalkan, kita tidak bisa membaca, mengenal, mengkaji dan menulis Al-Qur’an. Sebagai generasi yang islam penguatan kapasitas generasi muda dalam menigkatkan baca tulis AL-Qur’an bukan hanya sebagai simbol tapi harus dibumukan Al-Qur’an. Orang tuapun harus mendorong anak-anaknya untuk belajar menulis dan membaca Al-Qur’an, sehingga terbentuk generasi yang AL-Qur’an.

Usai membacakan sambutannya Assisten I Drs. H. Abdul Wahab memukul gong didampingi camat Wawo Syafruddin Daud, S. Sos, menandai di bukanya MTQ tingkat kecamatan Wawo yang ke 29 di Lengge Nae kecamatan Wawo. (Efan)

0 comments:

Post a Comment