Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 15 March 2015

Bimtek Tingkatkan Kemampuan Operator Sekolah


KM  LENGGE WAWO,- Untuk meningkatkan kemampuan Operator Sekolah Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdas dan Dapodikmen) dalam mengisi dan mengolah data pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, sarana dan prasarana serta data sekolah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora)Kabupaten Bima menggelar kegiatan bimbngan teknis untuk operator Dapodik.


Bimbingan teknis Dapodik ini diikuti oleh Operatot tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bima, beberapa minggu yang lalu di Aula Arta Bima Mall Kota Bima.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 500 peserta ini merupakan ajang silaturahmi bagi Operator Dapodik Kabupaten  Bima, untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam mengisi, verifikasi dan menvalidasi data pendidikan di sekolah masing-masing guna persiapan  menyaluran aneka tunjangan guru sertifikasi tahun 2015.

Disamping pemateri dari Operator Dinas Kabupaten Bima yang memberikan materi cara pengisian dan enteri data hadir pula kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Tajuddin, SH., M. Si dan kepala bidang (Kabid) KPMP Dikpora H. Asraruddin, SH,  jajaran kepala seksi pada Dikpora dan sebagaian Kepala Sekolah Kabupaten Bima.

Dalam arahahnya, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Tajuddin, SH., M. Si mengatakan bahwa bimtek  ini bertujuan untuk meningkatkan kemapuan Operator di sekolah dalam cara mengisi data sekolah terutama dalam tunjangan guru dan bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Peran operator disekolah sangat penting dalam mengisi data sekolah agar data benar dan akurat. Dalam mengisi dan menvalidasi sekolah operator harus bekerjasama dengan Kepala sekolah sebagai penanggungjawab data disekolah. Begitupun kepala sekolah harus bisa berkoordinasi dengan operator dan guru dalam mengisi data sekolah,”kata Tajuddin.

Tajuddin juga mengingatkan Operator agar selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kepala sekolah sebelum mengisi data dan mengirim data secara Online karena Kepala Sekolah yang bertanggungjawab secara keseluruhan keakuratan data sekolah. (Efan)

0 comments:

Post a Comment