Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Jumat, 26 Juni 2015

Bulan Ramadhan Membawa Berkah.


KM LENGGE,- Memasuki bulan Ramadhan, penjualan buah kelapa muda untuk menu berbuka puasa atau membuat es kelapa meningkat. Hal ini dialami oleh para pedagang jagung bakar dan buah kelapa muda di sepanjang jalan lintas Panda kecamatan palibelo sepekan terakhir ini.


Penjual buah kelapa muda asal desa Panda, Maesyarah (42) mengaku bahwa, memasuki bulan Ramadhan, penjaualan awal hanya 10 sampai 15 buah, maka setiap hari sampai dengan sepekan terakhir makin meningkat. Rata-rata pembeli berasal dari Kota Bima atau Kabupaten Bima. “ Biasanya sore-sore warga kota Bima yang jalan-jalan untuk menunggu buka puasa langsung datang membeli 2 atau 3 buah kelapa setiap hari”, ujar Sarah.

Sebelum bulan Ramadhan biasa disediakan 5 sampai 10 buah kelapa untuk dijual, dan yang terjual 4 sampai 5 buah, tetapi semenjak bulan Ramadhan penjualan meningkat dalam sehari bisa terjual hingga 10 buah biji kelapa muda.

Akibat tingginya permintaan konsumen akan buah kelapa, maka Maesyarah dan sejumlah penjual buah kelapa lainya harus memasok buah kelapa dari tempat lain selain di desa Panda. Sebagian buah kelapa dibeli langsung dikebun kelapa di desa Panda dengan harga Rp. 3-4 ribu rupiah perbiji dan kita jual Rp. 7.5 ribu rupiah perbuah kelapa muda.

“ Kita biasa mengambil kelapa 20-25 perbiji buah kelapa dalam sehari dengan harga Rp. 3 ribu rupiah dan kita jual Rp. 7.500 rupiah berbuha kepada pelanggan, itu termasuk sudah kita hitung dengan ongkos angkut kelapa mas,” ujar Sarah.
Maesyarah dan sejumlah penjual lainya merasa bersyukur dengan datangnya bulan ramadhan, dalam sehari dibulan Ramadhan, Sarah bisa meraup keuntungan bersih Rp. 300 ribu rupiah hingga Rp. 400 ribu rupiah.


“Berkah Ramdhan ini semoga tetap banyak pembeli dan stabil hargannya sampai lebaran nanti. Keuntungan dari penjualan di bulan Ramadhan ini untuk keperluan menambah modal usaha, kebutuhan rumah tangga, sekolah anak, nabung danb persiapan Idul Fitri,” ungkap Maesyarah dan di Amini pedagang lainnya.(Efan)

0 komentar:

Posting Komentar