Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Kamis, 28 September 2017

Sekolah Gunung Minimalisir Resiko Dampak Bencana


KM LENGGE,-  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima melakukan sosialisasi sekolah gunung untuk menciptakan masyarakat dan aparatur yang sadar akan pentingnya kesiapsiagaan bencana guna menekan angka resiko bencana, kamis (28/9) di Paruga NaE kecamatan Wawo.


Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, H. Dahlan M. Noer, Anggota DPRD Kabupaten Bima dari F – PPP Ishaka Abdul Majit, Kepala dinas  BPBD Kabupaten Bima Ir. H.Taufk Rusdy beserta jajaranya, Kapolsek Wawo , Koramil Wawo, Camat Wawo beserta seluruh kepala desa dan warga masyarakat  se – kecamatan Wawo.

Wakil Bupati Bima H. Dahlan M.Noer menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan warga masyarakat dan penggurangan resiko bencana sehingga melalui kegiatan ini masyarakat akan paham apa saja yang dilakukan bila terjadi bencana banjir. 
           
“Adapun mitigasi bencana merujuk pada semua tindakan untuk menggurangi dampak dari suatu bencana yang dapat dilakukan sebelum bencana itu terjadi, termasuk kegiatan kesiapsiagaan dan penggurangan resiko bencana melalui tindakan akap  yang harus dilakukan dalam rangka upaya penyelamatan dari bahaya banjir tersebut,” ujar Wakil Bupati.
           
Lebih lanjut, “Pemerintah daerah melalui BPBD kabupaten Bima akan terus berupaya untuk melakukan sosialisasi seperti ini kepada masyarakat dalam rangka memberikan pemahaman terkait langkah apa yang harus dilakukan oleh masyarkaat dalam menghadapi bahaya banjir sehingga kedepan dapat mengguranggi resiko bencana,” Imbuh Dahlan.
           
Dahlan berharap melalui kegiatan seperti ini kita bisa lebih waspada dan bisa menggurangi resiko ancaman bencana alam dan bencana banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Bima Ir. H.Taufk Rusdy dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sosialisasi yang diadakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada warga masyarakat apabila terjadi bencana alam dan bencana banjir sehingga masyarakat akan siap bila terjadi bencana banjir seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

 “ Saya melihat kegiatan ini sangat penting sebagai upaya untuk pencegahan bila terjadi bahaya banjir. Hal ini dikarenakan datangnya banjir ini dapat merusak segala fasilitas yang ada seperti tumbangnya pohon dan rubuhnya rumah masayrakat, maka dari itu melalui kegiatan ini masyarakat akan dapat mengetahui dan memahami bila ada terjadi musibah banjir tersebut,” ujar Taufik


“ Untuk itu kepada masyarakat dan kepala desa agar dapat mengikuti ini dengan seksama sehingga nantinya masyarkat akan lebih memahami hal apa saja yang akan dilakukan bila terjadi bencana banjir,” lanjut Taufik . (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar