Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 12 November 2018

Bantuan Senilai Rp. 1,5 Milyar Perkuat IKM



KM/KIM WAWO,- Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Bima mempunyai kedudukan yang strategis dalam  perekonomian daerah.  Karena,  dengan jumlah unit usaha yang besar tentu saja menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak dan mempunyai produk yang beragam.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima Drs. H.  Arifudin HMY dalam laporannya kepada Bupati Bima saat melakukan penyerahan bantuan mesin peralatan dan bahan bagi kelompok industri kecil dan menengah (IKM)  yang tersebar di sejumlah Kecamatan.  Bantuan tersebut diserahkan Kamis (8/11) di halaman Kantor Bupati Bima Godo Kecamatan Woha.

Menurut Drs. H.  Arifudin HMY bahwa, Dinas Perindustrian dan Perdagangan penyerahan bantuan mesin peralatan dan bahan bagi kelompok industri kecil dan menengah (IKM) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bima senilai Rp. 1,5 Milyar lebih.
               
Jumlah ini mengalami    peningkatan 24% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan merupakan wujud komitmen Pemerintah Daerah dalam upaya membantu dan memberdayakan kelompok IKM di kabupaten Bima".  Ungkap mantan Inspektur Kabupaten Bima ini.
               
Berdasarkan laporan tersebut,  tahun ini sebanyak 314 kelompok penerima yang tersebar pada 18 Kecamatan mendapatkan beragam peralatan, baik mesin perbengkelan,  mesin las,  mesin dan peralatan mebel,  peralatan konveksi,  mesin peralatan  pembuatan makanan,  peralatan pangkas rambut, serta  peralatan tenun dan benang.
                
Tiga tahun terakhir sejak  tahun 2016, telah diberikan bantuan kepada 325 UKM dengan anggaran Rp 1,02 miliar .  Selanjutnya pada tahun 2017 diberikan bantuan peralatan  kepada 296 UKM dengan nilai Rp.  1,2 milyar,  dan pada tahun 2018 telah disalurkan kepada 314 UKM senilai Rp 1,53 milyar.
           
Sehingga dalam kurun waktu tiga tahun berturut- turut, instansi yang dipimpinnya telah menyalurkan  bantuan hibah pada total 935 UKM senilai Rp.3,8 lebih milyar. (KIM WAWO/ Diskominfostik Kabbima)

0 comments:

Post a Comment