Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 26 November 2018

Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bima Dikukuhkan


KM LENGGE,- Senin (26/11) Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE mengukuhkan dan melantik pengurus Karang Taruna Kabupaten Bima periode 2018–2022 diruang rapat bupati. 

Pengukuhan dan pelantikan tersebut dihadiri Wakil Bupati, Kapolres Bima Kabupaten AKBP. Bagus Satrio Wibowo,SH, S.IK, Ketua Karang Taruna Provinsi NTB Makruf, S.AG, Kepala Dinas Sosial beserta jajaranya dan anggota karang taruna.

Bupati mengatakan bahwa dengan dilantik dan dikukuhkan saudara Irfan. Dj, SH selaku ketua karang taruna Kabupaten Bima periode 2018 – 2022 beserta seluruh pengurusnya diharapkan kedepan mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam menjalankan amanah sebagai ketua Karang Taruna.

Karang taruna merupakan wadah Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda di Tingkat Desa dan Kelurahan, Pengembangan kualitas generasi muda tidak hanya dilakukan melalui pendidikan formal, namun dapat dilakukan melalui wadah (lembaga atau organisasi) yang mempunyai komitmen terhadap generasi muda.

Peran serta Organisasi Kepemudaan tersebut sebagai salah satu komponen partisipasi sosial masyarakat perlu ditingkatkan dan dikembangkan.

Sejalan dengan hal tersebut, organisasi lokal sebagai sumber daya potensial dituntut untuk berperan secara optimal untuk menggerakan masyarakat dalam pembangunan.

Sebagai Organisasi sosial yang berada pada tingkat desa atau kelurahan, Karang Taruna harus mampu menjadi ujung tombak dan garda terdepan dalam pembangunan kesejahteraan sosial yang memiliki makna sangat penting dan strategis.

Khususnya dalam upaya melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai serta mengamalkan semangat kegotongroyongan dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan kesejahteraan sosial.

Menurut ketua karang Taruna Provinsi NTB Makruf, S.Ag menyampaikan, keberadaan Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggungjawab sosial untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/ Kecamatan atau komunitas sosial sederajat, terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial

Sekaligus wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional.

Maka dari itu, ketua dan kepengurusan yang baru ini semoga dapat menampung aspirasi masyarakat, khususnya generasi muda dalam rangka mewujudkan rasa kesadaran dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat pada umumnya.

Sekali lagi saya ucapkan selamat menjalankan tugas dalam mengembang amanah sebagai ketua karang taruna Kabupaten Bima periode 2018–2022.

Momentum tersebut ditandai dengan penyerahan Pataka Lambang Karang Taruna oleh ketua karang Taruna Provinsi NTB Makruf, S.Ag Kepada Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE selanjutnya diserahkan kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten Bima maa bhakti 2018–2022 Irfan. Dj, SH (KIM WAWO)

0 komentar:

Posting Komentar