Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Rabu, 07 November 2018

Bumdes HIJRAH Kambilo, "Para Pemuda Pemimpi Asa"


KM LENGGE,- Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bertujuan sebagai lokomotif pembangunan ekonomi lokal tingkat desa. Pembangunan ekonomi lokal desa ini didasarkan oleh kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari pemerintah desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa. 


Dasar pembentukan Bumdes sebagai lokomotif pembangunan di desa lebih dilatarbelakangi pada prakarsa pemerintah dan masyarakat desa dengan berdasarkan pada prinsip kooperatif, partisipatif, dan emansipatif dari masyarakat desa.

Begitu juga yang sedang digalakkan oleh Bumdes 'HIJRAH' Desa Kambilo, Kecamatan Wawo, dibawah kendali jubaidin SH, M. tahir S,Pd dan Abdul latif, S.Pd Bumdes Hijrah terus mengembangkan sayap.

Untuk tahun ini Bumdes Hijrah Desa Kambilo memprogramkan pengadaan barang barang pertanian, hal tersebut dilakukan mengingat vitalnya barang barang pertanian bagi masyarakat karena mayoritas masyarakat adalah petani. 

Seperti diketahui, BUMDes adalah sebuah lembaga usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa juga masyarakatnya, dengan tujuan memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa tersebut.




"Untuk pengembangan usaha, saat ini kami membuka usaha pengadaan dan penjualan barang barang pertanian, berhubung kebutuhan ini adalah yang paling vital bagi masyarakat desa Kambilo" jelas Abdul latif, bendahara Bumdes Hijrah Desa Kambilo.

Untuk tenaga, Bumdes HIJRAH memberdayakan SDM yang ada di Desa Kambilo. Abdul Latif mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang harus dipelajari salah satunya adalah semangat untuk terus menggalakkan berdirinya BUMDes sebagai alat untuk meningkatkan perekonomian pedesaan agar lebih cepat lagi.

Untuk tahap ini, Bumdes HIJRAH mendapatkan alokasi dana lebih besar dari sebelumnya, hal ini sangat mendukung karena Bumdes Hijrah masih memiliki target kedepannya. 

Sebagai BUMDes yang baru bangkit, Bumdes Hijrah terus menekankan pengelolaan BUMdes dengan baik dan effisien. Memberdayakan Interpreneur muda di desa, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Sehingga, bisa lebih berkembang, pada muaranya ekonomi masyarakat Desa Kambilo bisa lebih meningkat.

Pemuda pemimpi asa, pemuda dengan cita cita besar dibarengi ikhtiar yang tanpa henti itulah yang diimpikan oleh masyarakat kita. (galank)

0 komentar:

Posting Komentar