Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 12 August 2016

Komunikasi Yang Baik, Kunci Pendidikan Karakter


KM LENGGE,- "Hari ini merupakan hari pertama siswa diantar orang tua, dimana 385 siswa akan memasuki lingkungan baru di SMAN 1 Bolo. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang baik, maka perlu komunikasi yang baik antara orang jangan ada intimidasi pada guru".

            
Demikian pemaparan Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer   pada   Pembukaan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru SMAN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2016/2017, dan Pemaparan Wakil Bupati Bima dengan tema "Perlunya Pendidikan Karakter Di tengah Tantangan Global Yang cenderung Menyeret Moral Pelajar Sebagai Generasi Bangsa, Senin (18/7) di halaman sekolah tersebut.
          
Pada acara tersebut Wakil Bupati Drs. Dahlan M. Noer didampingi Kadis Dikpora Kabupaten Bima Tajudin, SH. M.Si, Kepala BKD Kabupaten Bima H. M. Antonius, S.STP, Kepala Sekolah SMAN 1 Saidin, S.Pd, M.Pd dan Muspika Kecamatan Bolo.
      
Perlu ada komunikasi yang baik dan intensif antara orangtua siswa dan guru agar orang tua tidak menimbulkan rasa segan dalam berinteraksi. "Oleh karena itu, orang tua dan guru diminta untuk saling menjaga komunikasi yang baik dan jangan ada intimidasi pada guru". Harapnya.
     
Namun demikian lanjut Wabup, para guru juga diminta untuk tidak melakukan tindak kekerasan terhadap siswa, menyayangi  dan menjalin komunikasi yang baik dengan anak didik". Kata Wabup. 
       
Di hadapan siswa dan orang tua murid, Wabup  memaparkan materi "Perlunya Pendidikan Karakter di Tengah Tantangan Global yang cenderung Menyeret Moral Pelajar sebagai generasi bangsa".      

Penting untuk diketahui bahwa pendidikan karakter memerlukan keteladanan. Mari bersama-sama menjauhi dan menangkal hal-hal negarif". Ajak wabup.

Menutup arahannya, Wabup Dahlan menegaskan,   "membangun karakter siswa bukan hanya tanggung jawab guru dan sekolah, tetapi juga tanggung jawab orang tua. "Mulai sekarang kita harus membangun karakter siswa, dan yang paling penting, guru harus memiliki banyak kecakapan (multi talent). "Guru tidak hanya menguasai bahasa Indonesia, tapi juga perlu menguasai bahasa Asing seperti Bahasa Inggris, arab bahkan Bahasa Cina". Tandas Wabup.
             

Setelah melakukan pengarahan di hadapan para orang tua dan siswa baru, Wabup menyaksikan Penanda tanganan naskah akademik antara Orang tua siswa dengan Manajemen SMAN 1 Bolo. Wabup dan rombongan kemudian melakukan peninjauan ruang kelas baru dan melakukan pengguntingan kita sebagai tanda peresmian penggunaan perpustakaan SMAN 1 Bolo. (Efan)

0 comments:

Post a Comment