Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Minggu, 10 Mei 2015

Bupati Serahkan Bantuan Pertanian


KM LENGGE WAWO,- Pertemuan pada Kunjungan kerja dan silaturahmi Bupati Bima Drs. H.Syafrudin HM.Nur.M.Pd, M.M dengan Camat Sape Muhaymin, S.Adm, kepala UPTD Pertanian, para penyuluh dan ketua kelompok tani se – kecamatan  Se-Kecamatan Sape Rabu (6/5) bertempat di saung desa Naru kecamatan Sape.



Bupati yang hadir dengan ketua TP. PKK kabupaten Bima Hj. Rustinah H. Syafrudin, asisten, para keala SKPD rumpun hijau dan kepala pelaksana BPBD Kabupaten Bima dalam arahannya menyampaikan, “sektor pertanian perlu diberikan dukungan yang lebih besar karena merupakan unggulan kesejahteraan masyarakat dan pada saat yang sama mendukung sektor – sektor unggulan lainnya.

Dukungan yang diberikan di bidang pertanian ditujukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat tani, baik untuk komoditi padi, jagung dan kedelai. Hal ini sejalan dengan sesuai dengan program yang dicanangkan Presiden RI Ir. H.Joko Widodo dan Wakil Presiden RI  Jusuf Kalla yang menekankan sektor pertanian sebagai andalan  di tingkat pusat, provinsi, maupun daerah. Untuk mendukung sektor  pertanian lanjut Bupati H. Syafrudin, “pemerintah  telah mengucurkan  dana sebesar Rp 6 Milyar, yang diperuntukan bagi pengembangan komoditas tanaman padi,  jagung juga  bawang.  

Pada tahun 2015 ini  dana yang dialokasikan  untuk pertanian bawang merah  sebesar Rp. 10 milyar bagi luas lahan 1.000 Ha. Sedangkan untuk kedelai, juga  dialokasikan dana sebesar Rp. 9 milyar  untuk luas lahan 5.000 Ha dan komoditas jagung dialokasikan dana sebesar Rp. 7 milyar  untuk luas lahan 500 Ha.

Itulah sebabnya lanjut Bupati,  silaturahmi penting kepala daerah dan masyarakat tani,  para penyuluh, para ketua kelompok tani  khususnya yang berdomisili di kecamatan Sape memiliki pemahaman yang sama dan tetap bersatu padu dalam mendukung program pemerintah  di sektor pertanian”. Terang  Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BP4K Kabupaten Bima Ir. Abdollah dalam laporannya mengatakan,  acara silaturahmi dan pengarahan jajaran SKPD rumpun hijau ini diikut 422 orang, 377 orang diantaranya merupakan perwakilan   pelaku usaha  pertanian  dari kelompok tani se – Kecamatan Sape,  168 kelompok tani,  17  kepala desa Se Kecamatan Sape, 6  kepala UPTD lingkup pertanian dan 22  penyuluh pertanian, perikanan dan Kehutanan.

 Ir. Abdolah menyampaikan, “pertemuan ini penting dalam mendukung program pembangunan nasional bidang pertanian karena penyuluh merupakan ujung tombak dan petani sebagai pelaku utama bergeraknya sektor pertanian yang dituntut untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya dalam meningkatkan pengembangan usaha pertanian yang produktif. Pertemuan seperti diharapkan dapat memberikan  motivasi  para penyuluh dan petani untuk lebih giat bekerja, meningkatkan kinerja dan produktivitas   sektor pertanian, perikanan, kehutanan.

Pada kunjungan kerja di kecamatan Sape ini, Bupati Bima menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Israfil, ketua kelompok So Peke desa Kowo dana bantuan program optimalisasi lahan sebesar Rp. 72 juta kepada 3  kelompok tani   di desa Kowo, desa Naru dan desa Naru Barat. 

Bantuan lainnya yang diserahkan kepada 43 kelompok tani Benih Kedelai program GP – PTT Kedelai Non Kawasan dan Program PIP Kedelai sebanyak 40.000 Kg / 40 ton   secara simbolis diterima oleh ketua kelompok tani Promo yang beralamat di desa naru, ketua kelompok Doro Toi desa NaE dengan jumlah dana Rp. 1, 47 milyar. Untuk mendukung perbakan infrastruktur sektor pertanian, dilakukan penyerahan  bantuan perbaikan jaringan Irigasi (PJI) sebesar Rp. 1,1 milyar kepada 20 kelompok tani yang ada  di 11 desa

Penyerahan bantuan tarpal kepada 4 (empat) kelompok tani yaitu kelompok tani Karamboko desa Naru Barat dengan ketua Syaiful, kelompok tani Dadi Bajo desa Rasabou dengan ketua H. Samsudin, kelompok tani Wadu Naga Desa Sari dengan ketua Paiman serta kelompok tani sambolo desa sangia dengan ketua M.Sidik. Sementara itu penyerahan bantuan benih tembakau diberikan kepada poktan so samba desa Kowo,

Pada sektor kelautan dan perikanan, Bupati menyerahkan bantuan  pembangunan 1 unit pabrik es berkapasitas 15 ton/hari senilai Rp. 2,4 milyar yang berlokasi di desa Bugis 1 unit, bantuan 4 unit cool box  senilai Rp. 20 juta,  1 paket jaring Rp. 30 juta untuk 5 kelompok, bantuan 2 unit sampan fiber glas senilai Rp 50 juta untuk 2  kelompok, bantuan 1 paket rumponisasi Rp 40 juta untuk 3  kelompok, bantuan   waring untuk 5  kelompok  senilai Rp. 15 juta. Sehingga jumlah total bantuan sebesar Rp. 2,56 milyar. Bantuan diserahkan secara simbolis  cool box kepada Hendrawan , Ketua kelompok Ntosa dusun gudang desa Bugis, bantuan keranjang ikan secara simbolis berupa jaring tongkol kepada  H. Mahmud ketua Kelompok Tengiri  desa bajo Pulau
Bupati juga menyerahkan bantuan  program DBH – CHT  bagi kelompok tani So Mamba desa Kowo  berupa Benih Tembakau 120 gram, pupuk NPK 400 Kg, pupuk cair 100 liter, insektisida 100 liter, 4 unit pompa air 5,5 PK, 20 pipa PVC, sehingga  total anggaran Rp. 250 juta.

Pada sektor peternakan, diserahkan bantuan Rp 200 juta   untuk  peralatan Rumah Potong hewan  kecamatan Sape, bantuan 30 ekor ternak sapi senilai Rp. 200 juta, serta bantuan ternak kambing sebanyak 150 ekor senilai Rp. 150 juta. (Efan) 

0 komentar:

Posting Komentar